Masjid Raya Al-A’zhom Tangerang

0 374

Lokasi Masjid Raya Al-A’zhom

Masjid Raya Al-A’zhom terletak di Jl. Satria – Sudirman, Sukaasih, Kec. Tangerang, Kota Tangerang, Banten 15111.

Masjid Raya Al-A’zhom

Pembangunan Masjid Raya Al A’zhom rupanya dimulai pada bulan Juli 1997, dan baru diresmikan penggunaannya pada 23 Aprl 2003. Pembangunan masjid megah ini kabarnya menelan biaya sampai sebesar Rp. 28,3 milyar. Sebuah catatan menyebutkan bahwa Masjid Raya Al Azhom ini dirancang oleh Ir. Slamet Wirasonjaya, salah seorang Guru Besar Jurusan Arsitektur ITB.

Tampak muka Masjid Raya Al A’zhom Tangerang yang memiliki bentuk kubah sangat besar bertumpuk-tumpuk dan berjumlah lima buah, dengan satu kubah besar berada di tengah-tengah masjid. Terlihat pula keempat menara bersusun empat yang ramping dan tinggi dibuat mengelilingi masjid di keempat sudutnya.

Kubah masjid yang tinggi sudah terlihat dari area parkir kendaraan. Masjid Raya Al A’zhom Tangerang ini selain dipergunakan sebagai tempat ibadah, juga dipakai untuk berbagai kegiatan sosial dan keagamaan. Setelah melepas alas kaki dan mengambil air wudhlu, saya pun melangkah masuk ke ruangan utama masjid melewati serambi depan.

Bagian mihrab Masjid Raya Al A’zhom Tangerang berhias kaligrafi ‘Allah’ dan ‘Muhammad’ dengan detail indah dilekatkan pada dinding marmar hitam di kiri dan kanan mihrab. Adapula kaligrafi kalimat tauhid yang menempel di dinding ruang imam Masjid Raya Al A’zhom, serta kaligrafi ayat Qur’an lainnya yang dikerjakan dengan halus dan indah.

Tiga buah jam lemari berdiri di bawah ketiga tulisan kaligrafi itu. Mimbar Masjid Raya Al A’zhom Tangerang yang terbuat dari tembaga dan kayu, dengan kubah kecil di atasnya, tampak diletakkan pada posisi yang agak berjauhan dengan mihrab. Di kebanyakan masjid, mimbar diletakkan di sebelah ruangan yang diperuntukkan untuk imam.

Source http://www.aroengbinang.com/ http://www.aroengbinang.com/2018/01/masjid-raya-al-azhom-tangerang.html
Comments
Loading...