Masjid Raudhatul Jannah Riau

0 134

Lokasi Masjid Raudhatul Jannah

Masjid Raudhatul Jannah terletak di Kabupaten Kuantan Singingi, Riau.

Masjid Raudhatul Jannah

Masjid Raudhatul Jannah diperkirakan berdiri sejak tahun 1800-an. Masjid ini dibangun dengan menggunakan 17 tiang kayu sebagai pondasi. Jumlah kayu pondasi melambangkan 16 hulubalang dan 1 ketua sebagai simbol Kenegerian Sentajo zaman dulu.

Masjid Raudhatul Jannah berukuran 14,5 m x 14 m m atau luasnya adalah 203 m². Dari facadenya bangunan ini terlihat telah mengalami pemugaran, terlihat dari pemberian warna cat, penambahan keramik pada dinding dan lantai. Pondasi bangunan masjid tidak diketahui, karena tertutup bangunan dan tidak terlihat. Bangunan masjid ini terdiri dari satu lantai. Lantai juga telah berubah menjadi lantai keramik berwarna putih berbentuk bujur sangkar dengan ukuran 40 cm x 40 cm.

Atap masjid berbentuk atap limas tumpang tiga dengan penutup atap terbuat dari genteng seng berwarna merah. Masjid tidak diberi plafon (langit-langit), rangka atap dibiarkan terlihat. Pagar keliling Masjid Raudhatul Jannah terbuat dari besi. Halaman depan berdenah persegi panjang, halaman di sisi utara terbuat dari coran beton berwarna abu-abu, dan keramik berwarna merah. Halaman di sisi barat dan selatan berupa tanah yang ditutupi rumput. Masjid ini telah mengalami penambahan bangunan, yaitu di bagian sisi timur laut terdapat ruangan tempat berwudhu.

Bangunan Masjid Raudhatul Jannah ini bergaya arsitektur perpaduan kolonial dan tradisional. Arsitektur kolonial terlihat dari dinding bangunan yang terbuat dari bata berspesi kapur dengan ketebalan dinding sekitar 31 cm, selain itu arsitektur kolonial terlihat dari bentuk lengkung (arch) pada jendela dan pintu.  Arsitektur tradisional terlihat pada atap berbentuk limasan tumpang 3 dan penggunaan tiang-tiang kayu di ruang utama masjid. Untuk penggambaran deskripsi bangunan masjid dibagi dalam empat bagian pendeskripsian, yaitu bagian ruang utama, mihrab, serambi, bangunan pendukung, dan bangunan penyerta.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbsumbar/ https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbsumbar/2017/09/19/masjid-tua-sentajo-raudhatul-jannah-kuantan-singingi/
Comments
Loading...