Masjid Rahmatullah Lampu’uk Aceh

0 237

Lokasi Masjid Rahmatullah Lampu’uk

Masjid Rahmatullah Lampu’uk terletak di Jalan Banda Aceh, Meulaboh, Desa Lhonga, Kecamatan Lhoknga, Kabupaten Aceh Besar, Propinsi Nangroe Aceh Darussalam, Indonesia.

Masjid Rahmatullah Lampu’uk

Bila berkunjung ke Masjid Rahmatullah kita akan menemukan tiga prasati pembangunan sekaligus yang menorehkan sejarah masjid Rahmatullah sejak pertama kali dibangun hingga kemudian mengalami proses renovasi besar besaran paska tsunami oleh Bulan Sabit Merah Turki yang tidak saja melakukan renovasi masjid ini tetapi juga membangun kota baru di sekitar Masjid Rahmatullah lengkap dengan fasilitas pendukungnya bagi penduduk Lhoknga yang selamat. Kawasan baru tersebut dinamai dengan “perkampungan Bulan Sabit Merah Turki – Turkish Red Crescent Village”.

Sebagaimana dijelaskan dalam prasasti pertama bahwa Masjid Rahmatullah Lampu’uk pertama kali dibangun pada tahun 1990M (1410H), ditandai dengan peletakan batu pertama pembangunan masjid oleh Bupati Kepala Daerah Tingkat II Aceh Besar, Drs. H. Sanusi Wahab, pada tanggal 21 Sya’ban 1410H bertepatan dengan tanggal 19 Maret 1990.

Proses pembangunan masjid selesai dilaksanakan dan diresmikan oleh Gubernur Kepala Daerah Istimewa Aceh, Prof. DR. H. Syamsuddin Mahmud Pada tanggal 10 Jumadil Awal 1818H bertepatan dengan tanggal 12 September 1997M. sebagaimana dijelaskan dalam prasasti kedua.

Source http://bujangmasjid.blogspot.co.id/ http://bujangmasjid.blogspot.co.id/2012/08/masjid-rahmatullah-lampuuk-lhoknga.html
Comments
Loading...