Masjid Pusaka Songak Suku Sasak NTB

0 189

Lokasi Masjid Pusaka Songak Suku Sasak

Masjid Pusaka Songak Suku Sasak terletak di di Desa Songak, kabupaten Lombok Timur, Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Masjid Pusaka Songak Suku Sasak

Masjid Pusaka Songak ini sebenarnya bernama Masjid Al-Falah namun lebih dikenal dengan nama Masjid Pusaka. Desa Songak secara tradisi turun temurun hingga kini merupakan masyarakat muslim yang menjunjung tinggi ajaran agama Islam dalam kehidupan mereka. Masjid merupakan salah satu elemen yang teramat penting dalam kehidupan masyarakat Songak yang menurut cerita turut merupakan keturunan dari Raja Selaparang dan Bayan.

Konon, masjid ini dibangun ditempat yang dulunya merupakan tempat bertemunya para wali yang dikemudian hari dibangun masjid sebagai penanda tempat tersebut. Menurut tradisi setempat, Masjid pusaka Songak dibangun sekitar tahun 1309 Miladiyah oleh sembilan orang tokoh yang dikenal dengan nama Ki Sanga Pati. Sebelum kedatangan sembilan orang tersebut, Desa Songak telah lama menjadi kota hantu tak berpenghuni karena ditinggalkan seluruh penduduknya yang tidak betah lagi tinggal disana akibat di cap sebagai masyarakat Leak.

Sekitar tahun 1299 sembilan orang tokoh tersebut tiba di Desa Songak yang sudah tak berpenghuni dan menetap disana. Mereka sengaja datang dan menetap ke Desa Songak untuk menyepi dari keramaian. Setelah bertahun tahun tinggal disana baru kemudian masyarakat di luar wilayah desa itu mengetahui keberadaan mereka dan berangsur kembali tinggal di Desa Songak. Nama Songak bagi nama desa ini, konon juga berasal dari kata Sanga pada nama Ki Sanga Pati yang membuka kembali desa itu dengan membawa ajaran Islam, setelah begitu lama ditinggalkan para penghuninya.

Source http://bujangmasjid.blogspot.co.id http://bujangmasjid.blogspot.co.id/2016/11/masjid-pusaka-songak-suku-sasak.html
Comments
Loading...