Masjid Perak SMU Muhammadiyah Yogyakarta

0 6

Masjid Perak SMU Muhammadiyah

Sejarah berdirinya Masjid Perak tidak lepas dari sejarah Kotagede pada masa lampau dilihat dari berbagai segi; sebagai ibukota kerajaan Mataram, perkembangan dan pertumbuhan ekonomi, kemasyarakatan dan keagamaan, yang semua saling mempengaruhi satu sama lain.

Dahulu di Kotagede hanya terdapat satu masjid yang megah, dibangun menggunakan kayu jati pilihan, yang kini dikenal dengan nama Masjid Besar Mataram yang letaknya satu kompleks dengan makam raja-raja dan leluhur Kesultanan Mataram, masjid tersebut menjadi milik bersama antara Kasunanan Surakarta dengan Kesultanan Mataram, dan untuk pemeliharaan diserahkan kepada abdi dalem dan juru kunci yang diangkat bersama oleh Kasunanan dan Kesultanan.

Didirikan oleh Kyai Amir, H. Mashudi, H. Mudzakir tahun 1937-1939 dan mulai digunakan pada awal 1940. Nama perak diambil dari bahasa arab “Firoq” yang berarti pembeda. Sebab pembangunan masjid ini bertujuan membedakan masjid yang bebasa dari tatanan adat dan atura kerajaan masa lampau.

Source http://navigasi-budaya.jogjaprov.go.id http://navigasi-budaya.jogjaprov.go.id/ngayogyakarta-hadiningrat/mataram-islam/347
Comments
Loading...