Masjid Nurul Barkah Banten

0 232

Lokasi Masjid Nurul Barkah

Masjid Nurul Barkah terletak di Jl. Kol Sediyatmo, Bandara Soekarno Hatta Tangerang Benda, Tangerang 15125, Propinsi Banten, Indonesia.

Masjid Nurul Barkah

Pengelolaan Masjid Nurul Barkah berada di bawah Yayasan Yayasan Masjid Nurul Barkah yang dibentuk dengan akta Notaris Ny. Anna Sunarhadi , S.H.No. 69 Tanggal 25 April 1986. Dengan alamat seperti tersebut di atas. Dilihat dari lokasinya berdiri yang cukup jauh dari terminal kedatangan dan keberangkatan, masjid ini memang diperuntukan bagi karyawan yang bekerja di kawasan bandara Soeta, para pengguna jasa penerbangan, harus menyempatkan waktu khusus untuk mampir kesini.

Aslinya bangunan Masjid Nurul Barkah merupakan bangunan masjid dengan atap limas bersusun tiga khas Indonesia yang dipopulerkan oleh Yayayasan AmalBhakti Muslim Pancasila (YAMP) Bentukan Pak Harto (Presiden RI ke dua). Masjid Nurul Barkah ini memang salah satu masjid yang dibangun oleh YAMP sebagai fasilitas penunjang Bandara Soeta.

Bangunan asli masjid pertama kali diresmikan tanggal 9 Oktober 1987 Presiden Soeharto. Berupa sebuah bangunan masjid tanpa menara, dengan daya tampung 1200 jemaah. Jauh sebelumnya masjid megah di atas lahan seluas 3.600 meter persegi dan mampu menampung 4.000 orang ini berawal dari sebuah musholla yang terbuat dari bilik. Namun, setelah Bandara Internasional Soekarno Hatta (Bandara Soeta) diresmikan oleh Presiden Soeharto pada 1984, musolla tersebut semakin banyak didatangi jemaah.

Masjid Nurul Barkah kemudian diperluas dengan ditambahkan dua bangunan pendopo di sisi kiri (utara) dan kanan (selatan) bangunan utama. Bangunan pendopo ini memiliki ke-khasan sendiri dengan atap nya yang dirancang mirip dengan rancangan atap masjid Salman di Kampus ITB Bandung. Atap yang unik tak biasa berbentuk kawah terbalik. Layaknya sebuah pendopo, dua pendopo masjid Nurul Barkah ini dirancang terbuka tanpa dinding.

Source http://bujanglanang.blogspot.co.id/ http://bujanglanang.blogspot.co.id/2012/06/masjid-nurul-barkah-bandara.html
Comments
Loading...