situsbudaya.id

Masjid Nurul Amin Pagaruyung

0 78

Lokasi Masjid Nurul Amin

Masjid Nurul Amin terletak di Pagaruyung, Tj. Emas, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat 27281.

Masjid Nurul Amin 

Menara Masjid Nurul Amin Pagaruyung yang menjulang tinggi, dan sudah bisa terlihat dengan jelas dari jarak beberapa kilometer. Selain memiliki sebuah kubah utama, Masjid Nurul Amin Pagaruyung juga memiliki beberapa buah kubah berukuran lebih kecil. Sebuah tengara pada dinding luar Masjid Nurul Amin Pagaruyung, yang menunjukkan tanggal peresmian pada 21 Februari 1992.

Masjid Nurul Amin Pagaruyung, dimana pilar-pilar luar dan langit-langitnya diberi ornamen garis-garis ritmis. Tidak saya temukan adanya bedug di Masjid Nurul Amin Pagaruyung ini. Ruangan utama Masjid Nurul Amin Pagaruyung terlihat cukup sederhana. Bagian mihrab dan dinding bagian depan terlihat polos, tanpa hiasan kaligrafi indah yang lazimnya dijumpai di masjid. Pada dinding di bagian kanan hanya terlihat deretan jam kecil yang menunjukkan waktu sholat, dan di sebagian bidang pada empat pilar besar terdapat ornamen kelopak bunga melingkar.

Masjid Nurul Amin Pagaruyung ini sebenarnya cukup megah, hanya saja sudah memerlukan perbaikan dan perawatan di banyak tempat. Bisa dipertimbangkan untuk menambah ornamen di bagian dalam masjid yang masih terlihat sangat sepi.

Keagungan sebuah masjid memang bukan semata dilihat dari bentuk fisiknya, namun setidaknya ia perlu dijaga, dirawat dengan semestinya, dan bisa menjadi inspirasi. Keagungan masjid, dan tempat ibadah pada umumnya, seharusnya memang ada pada bagaimana pemanfaatannya sebagai tempat ibadah dan tempat menimba ilmu-ilmu agama agar para pengikutnya bisa menjadi lebih saleh.

Source Masjid Nurul Amin Pagaruyung SumBar
Comments
Loading...