Masjid Nganguk Wali Kudus

0 265

Lokasi Masjid Nganguk Wali

Masjid Nganguk Wali terletak di Dukuh Nganguk Wali, Desa Kramat, Kota Kudus, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah.

Sejarah Masjid Nganguk Wali

Masjid berukuran 25×20 meter ini ada kaitannya dengan Kyai Telingsing. Sang kyai adalah seorang keturunan Tionghoa yang bernama asli The Ling Sing (ada yang menyebutnya Tan Ling Sing dan Tee Ling Sing). Lidah Jawa merubahnya menjadi Telingsing.

Disebut sebagai Masjid Nganguk Wali, karena konon masjid ini didirikan oleh para wali yang pengawasannya kemudian diserahkan kepada Kyai Telingsing. Masjid ini telah mengalami sejumlah perubahan hingga berbentuk seperti sekarang.

Pada blandar masjid terdapat tulisan yang berasal dari ajaran Kyai Telingsing, yaitu sholat sacolo saloho donga sampurna atau shalat adalah sebagai do’a yang sempurna, serta ada pula tulisan berbunyi lenggahing panggenan tersetihing ngaji yang bermakna menempatkan diri pada yang benar, suci dan terpuji.

Bangunan Nganguk Wali

Salah satu yang membuat Masjid Nganguk Wali kini lebih menarik untuk dikunjungi adalah dinding tembok luar dan gapura paduraksa yang memisahkan pelataran luar dengan pelataran dalam yang lebih tinggi, dihubungkan sejumlah undakan. Pada lubang gapura terdapat struktur kayu yang diukir indah. Gapura ini belum lama dibuat, untuk mengembalikan bentuk bangunan aslinya.

Serambi masjid juga lebih tinggi dari pelataran dalam. Diantara gapura dan serambi terdapat struktur atap berbentuk bulat dengan kubah. Ada huruf Arab di sekililing dudukan kubah, dan huruf “Allah” di puncaknya. Kombinasi gaya bangunan gapura dan kubah itu dalam pandangan subyektif saya terasa kurang pas. Mungkin sedikit membantu jika kubahnya dibuat juga dengan model susunan bata telanjang.

Ruang utama Masjid Nganguk Wali Kudus pada arah ke mihrab dengan ruang imam dan mimbar berada dalam satu ruangan. Mimbar kayu jatinya meski tak begitu besar namun juga dihias dengan ukir rumit yang indah. Pada dinding kiri kanannya terdapat jendela kayu jati ukir. Sebagaimana kebanyakan masjid, hanya tiga shaf pertama yang dilapis karpet sajadah. Berbeda dengan serambinya, ruang utama masjid ini terasa lega oleh karena lelangitnya yang tinggi, disangga pilar sokoguru di bagian tengahnya.

Source Masjid Nganguk Wali Kudus
Comments
Loading...