Masjid Madinah Peninggalan Tgk Jalaluddin Al-Faqih

0 140

Masjid Madinah Peninggalan Tgk Jalaluddin Al-Faqih

Masjid tua yang terdapat di Gampong Dayah Kruet, Kecamatan Meurah Dua ini memiliki nilai sejarah yang tinggi. Masyarakat setempat menyebut nama masjid tersebut dengan nama Masjid Madinah. Hal ini disebabkan mimbar yang terdapat didalam masjid tersebut dibawa pulang dari Madinah. Masjid Madinah di bangun pada abad ke-16. Masjid tersebut dibangun oleh Tgk Jalaluddin atau yang lebih dikenal dengan nama Tgk Japakeh pada saat beliau pulang setelah berperang di semenanjung Malaka.

Sedikit ulasan tentang Tgk Japakeh, beliau adalah seorang ulama besar dari negeri Meureudu yang di percayakan oleh Sultan Iskandar Muda (1607 M-1636 M) sebagai penasehat perang saat Kerajaan Aceh Darussalam berangkat menyerang Johor, Malaysia. Hingga sekarang masjid tersebut masih berdiri kokoh meski telah berumur ratusan tahun sejak didirikan oleh Tgk Japakeh. Di dalam masjid tersebut terdapat mimbar yang telah berumur sama dengan masjid tersebut. Mimbar ini yang didatangkan dari Madinah dan masih di pakai hingga sekarang. Di sisi-sisi seluruh mimbar tersebut terdapat ukiran-ukiran yang begitu indah.

Selain mimbar, di masjid tersebut juga terdapat sebuah kolam yang berada tepat pada sisi depan dari masjid. Kolam tersebut terbuat dari batu yang disusun rapi. Hingga kini kolam berukuran 4×4 meter itu masih digunakan sampai sekarang sebagai tempat wudhuk.

Itulah sedikit penjelasan tentang Masjid Tgk Japakeh atau yang lebih dikenal dengan Masjid Madinah. Kita mengharapkan kepada semua pihak untuk terus menjaga situs-situs sejarah seperti ini dengan saling menjaga dan menghargai jasa-jasa para syuhada yang syahid demi tegaknya Islam di Nanggroe Aceh tercinta ini.

Source https://beulangeungtanoh.blogspot.com https://beulangeungtanoh.blogspot.com/2018/06/masjid-madinah-peninggalan-tgk.html
Comments
Loading...