Masjid Kuno Lempur Mudik Jambi

0 373

Lokasi Masjid Kuno Lempur Mudik

Masjid Kuno Lempur Mudik terletak di Desa Lempur Mudik, Kecamatan Gunung Raya, Kabupaten Kerinci, Propinsi Jambi.

Masjid Kuno Lempur Mudik

Masjid Kuno Lempur Mudik sejak tahun 1931 sudah tidak difungsikan dan tergantikan dengan masjid baru yang lebih besar dan luas.
 
Semula masjid ini terbuat dari kayu dan beratap ijuk, namun sekarang telah diubah menjadi bangunan semi permanen dengan lantai semen dan beratap seng. Masjid Kuno Lempur Mudik memiliki atap berbentuk tumpang 2, pada bagian kemuncak berbentuk bulan sabit dan bintang.
 
 Dibangun pada akhir abad ke-19, tepatnya tahun 1887, masjid ini adalah masjid tertua di Gunung Raya. Bangunan ini telah dipugar karena atap dan dinding masjid ini dulunya rusak berat. Alasan inilah yang membuat masjid ini ditinggalkan jamaahnya. Masyarakat Lempur Mudik membangun masjid lagi yang lebih megah di samping masjid ini. Masjid ini akhirnya dipagari dan dikunci.

Bangunan Masjid Kuno Lempur Mudik

Masjid Kuno Lempur Mudik berdenah bujur sangkar berukuran 11 x 11 m, kontruksinya ditopang oleh 16 buah tiang kayu yang berbentuk segi delapan. Empat buah tiang saka guru berdiameter 0,75 m dan dua belas saka rawa masing-masing berdiameter 0,61 m. Keseluruhan tiang dan permukaannya dipahat dengan motif sulur-suluran, sedangkan pada dinding kayu berukir motif flora, tali, medalion, dan baluster.
 
Ukiran ini merupakan hasil seni pahat khas masyarakat Kerinci, dan yang sangat mengesankan yaitu ukiran terawangan sulur gelung yang ditempatkan pada keempat sudut dinding bangunan. Kekhasan Masjid Lempur Mudik yang mempunyai kesamaan dengan masjid-masjid kuno di Kerinci, yaitu adanya tempat muadzin mengumandangkan adzan yang berupa panggung kecil dan terletak menempel tiang saka guru.
 
 
Source Masjid Kuno Lempur Mudik Jambi Jambi
Comments
Loading...