Masjid Kuno Al Mubarok Nganjuk

0 194

Lokasi Masjid Kuno Al Mubarok Nganjuk

Masjid Kuno Al Mubarok Nganjuk terletak di Jl. Mayjen Supeno No.76, Ngrawan, Berbek, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur 64471.

Masjid Kuno Al Mubarok Nganjuk

Masjid Al-Mubarok adalah saah satu masjid tertua dan bersejarah di kabupaten Nganjuk, Jawa Timur. Masjid ini juga biasa disebut dengan Masjid Yoni Al-Mubarok karena adanya Yoni Kuno di halaman masjid ini yang kemudian diubah suai menjadi sebuah jam matahari sebagai penunjuk waktu sholat. Selain itu masjid ini juga seringkali disebut sebagai masjid kanjeng Jimat merujuk kepada nama pembangunnya. Masjid bersejarah ini terletak di Desa Ngrawen kecamatan Berbek, ±8km arah selatan kota Nganjuk. Kecamatan Berbek sendiri merupakan ibukota kabupaten Nganjuk, di kecamatan ini pula sejarah kabupaten Nganjuk bermula sebagai sebuah Kadipaten Berbek dibawah pemerintahan seorang adipati.

Masjid Al-Mubarok pertama kali didirikan tahun 1745 oleh Kanjeng Raden Tumenggung (KRT) Sosro Koesoemo atau Kanjeng Jimat, Adipati Berbek pertama yang ditunjuk oleh Kraton Yogyakarta. Beliau berkuasa di daerah ini pada saat hampir seluruh penduduk nya masih memeluk agama Hindu dari era kekuasaan majapahit di kaki gunung Wilis. Bukan mudah bagi beliau untuk berdakwah di daerah kekuasaannya tersebut, Penduduk lereng gunung Wilis yang sangat mempercayai agama peninggalan raja-raja terdahulu masih asing dengan Islam. Mereka lebih percaya kepada ajaran Hindu. Namun upaya sang adipati pada ahirnya membuahkan hasil hampir seluruh rakyat akhirnya memeluk agama baru itu.

Pada tahun 1745, Kanjeng Jimat mewakafkan sebidang tanah pekarangan miliknya yang dulu menjadi tempat peribadatan para pendahulunya di Desa Kacangan untuk didirikan sebuah Masjid yang kemudian diberi nama Masjid Al-Mubarok yang merupakan masjid pertama yang dibangun di wilayah kadipaten Berbek (kini menjadi Kabupaten Nganjuk).

Source Masjid Kuno Al Mubarok Nganjuk Jawa Timur
Comments
Loading...