Masjid Keramat Pulau Tengah

0 410

Lokasi Masjid Keramat Pulau Tengah

Terletak di Desa Koto Tuo, Pulau Tengah, Percam(Perwakilan Kecamatan) Keliling Danau, Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi.

Masjid Keramat Pulau Tengah

Ini adalah masjid tertua di Kerinci. Dibangun sekitar abad ke-18 dengan bahan utama kayu. Masjid Keramat Pulau Tengah ini menjadi saksi perjuangan masyarakat Kerinci melawan penjajah Belanda. Masjid ini bersama seluruh rumah di Koto Tuo pernah dibakar Belanda pada tahun 1903. Anehnya bangunan masjid ini tidak hangus sedikitpun apalagi musnah, tetapi semua rumah di sekitarnya rata dengan tanah dilalap api. Pada tahun 1939 terjadi kebakaran sekali lagi dan masjid kramat pulau tengah ini masih utuh. Gempa bumi mengguncang Kerinci tahun 1942. Seluruh bangunan di sekeliling masjid rata dengan tanah. Namun, masjid ini masih berdiri dengan utuh. Tidak heran masjid ini mendapat julukan masjid Keramat.

Saya lihat dari sebuah papan usang di dinding masjid, bangunan ini telah dilindungi oleh pemerintah Belanda sejak 1931 dengan dikeluarkannya Monumenten Ordonantie Nomor Stbl 328 / 1931. Sebuah keramik bergambar kincir angin saya lihat menempel di pintu pagar masjid.

Bentuk bangunan masjid berupa limas bersusun tiga. Menara masjid terletak di depan. Pilar didominasi dari bahan kayu. Dinding dan tiang dibangun tanpa paku. Hiasan ukiran kayu mendominasi ventilasi dan kayu penahan atap. Warna kuning mencolok dipadupadankan dengan warna merah, hijau dan biru sehingga berkesan atraktif. Hampir mirip dengan model masjid Pondok Tinggi di kota Sungai Penuh. Di dalam masjid terdapat tiang utama yang berukuran besar. Tiang utama terhubung dengan jembatan kayu di sebuah tiang lainnya yang lebih kecil. Jembatan ini berfungsi untuk tempat mengumandangkan azan. Pada dinding masjid terdapat hiasan kaligrafi yang konon dibuat menggunakan cat dari tumbuhan.

Di halaman samping masjid (dekat tempat imam) terdapat tabuh/beduk larangan. Tabuh ini hanya dibunyikan saat ada yang meninggal, bencana alam atau peperangan. Masjid ini masih ramai dipakai masyarakat Pulau Tengah dan sekitarnya untuk beribadah. Sayangnya pengunjung nonmuslim hanya bisa mengagumi keindahan masjid ini dari luar.

 

Source Masjid Keramat Pulau Tengah Jambi
Comments
Loading...