Masjid Keramat Kuno Singaraja Bali

0 352

Lokasi Masjid Keramat Kuno Singaraja

Masjid Keramat Kuno Singaraja terletak di Jl. Hasanudin No.92, Kp. Kajanan, Kec. Buleleng, Kabupaten Buleleng, Bali 81113.

Masjid Keramat Kuno Singaraja

Dari cerita tutur muslim setempat disebutkan bahwa Masjid Keramat Kuno Singaraja dibangun pada tahun 1654 masyarakat muslim yang awalnya tinggal di sekitar pelabuhan Buleleng di pesisir utara Pulau Dewata, memilih untuk pindah dari kampung mereka ke wilayah yang lebih ke daratan dan lebih Ngajanan (ke-selatan) akibat abrasi air laut yang terus mengikis perkampungan mereka di sekitar pelabuhan.

Di daerah baru yang masih berupa semak belukar itu masyarakat bersama sama membuka dan membersihkan lahan pemukiman di samping Sungai Tukad Mungga, dan kemudian menemukan satu bangunan segi empat berukuran 15 kali 15 meter persegi ditopang dengan empat tiang dari pohon kelapa dan beratap meru yang diduga adalah sebuah masjid, karena di dalam bangunan tersebut terdapat sebuah mimbar masjid yang diukir dengan ornamen khas Bali. Warga berkesimpulan bangunan ini adalah masjid. Hanya saja bangunan awal itu tak diketahui pasti siapa yang membangunnya.

Sejak ditemukan masyarakat muslim kampung Kajanan sudah “menggunakan kembali” masjid tersebut dan menyebutnya sebagai “Masjid Keramat Kuna”, seperti nama yang kini tertulis di tembok masjid ini dalam hurup arab gundul. Meski di gapura masjid yang mengarah ke Jalan Hasanudin hanya ditulis dengan nama Masjid Kuna Singaraja saja tanpa kata Kramat.

Masjid ini cukup unik. Dari sisi seni arsitekturnya menggambarkan visualisasi flora sebagai bentuk kedamaian dan kekayaan Pulau Bali. Seni pahatan pada ukiran ornamennya juga memperlihatkan ciri khas seni pahat Bali Utara. Masjid Kuno ditopang oleh empat kayu pohon kelapa sebagai penyangga yang kemudian direnovasi dengan melakukan penebalan pada tiang-tiangnya. Empat tiang utama sebagai Soko Guru merupakan wujud dari banyaknya pohon kelapa yang tumbuh di pesisir Tukad Buleleng yang berada tepat di belakang Masjid Kuno.

Selain keunikan bangunan dan nilai sejarahnya, Masjid Kuno terkenal sebagai tempat untuk melakukan sumpah jika terjadi perselisihan antar warga sekitar. Masjid Kuno yang dikenal sebagai Masjid Keramat juga memiliki kolam sebagai tempat wudlu yang dulunya digunakan untuk ritual sumpah. Karena dinilai angker, kolam tersebut ditutup dan kini dijadikan bangunan SD N 1 Kampung Kajanan.

Meski sebagian bangunan telah direnovasi dengan dinding dari kapur dan tiang tanpa beton ini, namun ornamen Bali tetap terjaga baik. Masjid kuno ini juga menyisakan relief asal Persia. Warga menduga bangunan yang ditemukan ini dibangun para Wali. Mengingat, Pantai Utara Bali sangat dekat dengan Pulau Jawa.

Source http://bujangmasjid.blogspot.co.id/ http://bujangmasjid.blogspot.co.id/2016/11/masjid-keramat-kuno-singaraja-bali.html
Comments
Loading...