Masjid Keramat Koto Tuo Kerinci Jambi

0 28

Masjid Keramat Koto Tuo Kerinci Jambi

Masjid Keramat Koto Tuo Pulau Tengah terletak di Dusun Koto Tuo, Desa Pulau Tengah, Kecamatan Danau Kerinci, Kabupaten Kerinci, Propinsi Jambi, dengan luas lahan 2.650 m2 dan luas bangunan 729 m2.

Pada abad ke-16 agama Islam masuk ke Kerinci yang dibawa oleh para pedagang. Pada periode berikutnya telah datang ke daerah Kerinci itu para mubaligh mengembangkan dan mengajarkan agama baru itu secara mendalam. Oleh orang-orang tua, mereka itu dikenal dengan gelar siak, seperti Siak Lngaih (Siak Lengis), Siak Jle (Siak Jelir), Siak Sati dan sebagainya. Bagaimanapun juga, agama Islam telah mendapatkan tanah yang subur untuk pertumbuhan dan perkembangan di negeri Pulau Tengah, sehingga negeri ini telah menjadi pusat kegiatan agama Islam di Kerinci.

Perkembangan pesat itu dimulai ketika seorang ulama putra Pulau Tengah, yang oleh orang-orang tua dikenal dengan nama Syekh pada tahun 1697 kembali dari menuntut ilmu di tanah Jawa (Mataram). Adapaun ulama-ulama yang terkenal di negeri Pulau Tengah itu setelah Syech, adalah Tengku Baruke, Haji Rateh dan Haji Raha. Ketiga ulama tersebut adalah putra syech sendiri, hidup abad 18. dari abad ke 19 adalah Haji Saleh, Haji Rauf dan Haji Ismail (abad 19 dan 20).

Bentuk Masjid pertama yang ada di Koto Tuo Pulau Tengah sederhana saja. Denahnya empat persegi dengan ukuran 12×12 depa, berlantai papan, tiangnya terbuat dari balok-balok kayu dengan dinding pelupuh, atapnya dari ijuk agak meruncing ke atas dengan kemuncuk dari batu berpahat, demikian masjid pertama itu pertama itulebih tepat kalau dinamakan surau.

Sejak kembali dari Mataram (Jawa) tahun 1679, Syech sang ulama Pulau Tengah itu sering menceritakan bentuk Masjid Demak yang dikaguminya, kepada teman-temannya, anak-anaknya, para santri, dan kepada para pemuka masyarakat.

Para pemuka masyarakat yang terdiri dari Depati Ninik Mamak, Orang Tua, Cerdik Pandai dan Alim Ulama, berkumpul mengadakan pertemuan yang bertempat di dalam masjid lama (surau).

Source https://gpswisataindonesia.wordpress.com https://gpswisataindonesia.wordpress.com/2016/03/12/masjid-keramat-koto-tuo-kerinci-jambi/
Comments
Loading...