Masjid Kaujon Serang

0 101

Lokasi Masjid Kaujon

Masjid Kaujon terletak di di Kaujon RT 01/01, Kelurahan Serang, Kecamatan Serang, Kota Serang atau Jl. RM. HS. Jayadiningrat, Kampung Kaujon Pasar Sore, Kelurahan Serang, Kecamatan Serang, Kota Serang, Bnaten.

Masjid Kaujon

Sejarah berdirinya Masjid Kuno Kaujon belum diketahui dengan pasti. Menurut ketarangan Mukmin Satari (Ketua DKM Masjid Kuno Kaujon), angka tahun 1936 yang terdapat di dinding masjid bukan merupakan tahun pendirian tetapi tahun renovasi. Pendirian masjid lebih dahulu dari pada pembangunan jembatan Kaujon yaitu tahun 1875. Sejak tahun 1936 hingga 2002, Masjid Kuno Kaujon telah mengalami banyak renovasi. Di antaranya ialah dibangunnya pagar, jendela dan gudang, perbaikan ruang sholat ibu-ibu dan perbaikan bagian lainnya.

Masjid Kuna Kaujon secara administratif terletak di Jalan RM. HS. Jayadiningrat, Kampung Kaujon Pasar Sore, Kelurahan Serang, Kecamatan Serang, Kota Serang. Secara geografis berada pada koordinat 06º07’12,2″ LS dan 106º08’09,83″ BT. Masjid berada pada perkampungan penduduk di sebelah selatan kompleks Kantor Gubernur Banten.

Untuk menuju masjid melalui ruas Jalan K.H. Sam’un hingga melintas S. Cibanten, kemudian masuk jalan kampung. Di sebelah timur masjid terdapat aliran S. Cibanten, sedangkan di belakang masjid terdapat rumah tinggal yang sekarang milik keluarga H. Mukhlis. Rumah ini merupakan bekas rumah tinggal pejabat Pangreh Praja pribumi.

Kompleks masjid pada kondisi sekarang merupakan kompleks terbuka tidak dilengkapi pagar halaman kecuali di sisi timur. Pada sisi timur terdapat gerbang masuk dilengkapi tangga naik. Pada bagian luar merupakan ruangan terbuka yang dahulu terdapat bangunan pancaniti.

Bangunan ini berfungsi untuk tempat azdan, pengumuman waktu imsak dan lain kegunaan. Bangunan Masjid berdiri di atas pondasi masif yang tingginya 60 cm. Bagian batur masjid berhias pelipit berbentuk profil persegi bertingkat. Pintu masuk utama berada di tengah dengan dua daun pintu. Di kanan dan kiri pintu utama terdapat jendela.

Selain pintu utama juga terdapat pintu lain yang berada di sisi utara. Pintu dan jendela bagian atas berbentuk melengkung. Setelah memasuki pintu utama selanjutnya memasuki bagian serambi yang merupakan ruangan berdenah empat persegi panjang berukuran 6 x 12 m. Selanjutnya memasuki ruang utama masjid yang berbentuk empat persegi dengan ukuran 10 x 10 m. Di sebelah selatan terdapat ruangan khsus untuk perempuan (pawestren). Ruang utama masjid dibatasi dinding pada keempat sisinya. Bagian bawah dinding dilapisi keramik putih.

Source https://www.blogger.com/about/?r=1-null_user http://arkeologisunda.blogspot.co.id/2013/05/masjid-kuna-kaujon.html
Comments
Loading...