Masjid Katangka Sulawesi Selatan

0 180

Lokasi Masjid Katangka

Masjid Katangka terletak di Jalan Syekh Yusuf, Kelurahan Katangka, Kecamatan Somba Opu, Kabupaten Gowa, Provinsi Sulawesi Selatan.

Masjid Katangka

Mesjid Tua Katangka merupakan mesjid pertama dan tertua di Gowa yang dibangun pada masa pemerintahan raja Gowa XIV (Sultan Alauddin) pada tahun 1603. Penamaan mesjid ini dari nama Syufi Kharismatik yang dipuja masyarakat Sulawesi Selatan. Syufi tersebut adalah Syeh Yusuf Al Makkasari yang merupakan kerabata raja Gowa.

Luas bangunan 212,7 m2 dan dikelilingi pagar besi, dengan tiang pagar dari tembok. Arsitektur bangunan merupakan campuran bangunan Makassar dan Islam. Dalam bangunan terdapat tiang soko guru, mimbar dan mihrab. Pintu masuk menuju ke beranda mesjid hanya sebuah terletak di muka. Pada dinding depan sebelah kiri-kanan pintu terdapat hiasan kerawang yang berfungsi sebagai lubang angin. Di beranda ini terdapat tembok dan di bagian atasnya berkerawang dari keramik yang semula dipergunakan pembatas tempat wudhu.

Tiga buah pintu masuk ke ruang tengah tempat sholat memiliki hiasan tulisan Arab dan berbahasa Makassar. Tulisan ini terdapat di ambang pintu bagian atas. Atap mesjid bertingkat tiga dari bahan genteng. Antara atap mesjid tingkat dua dan tiga terdapat pemisah berupa ruangan berdinding tembok dengan jendela di keempat sisinya. Di puncak mesjid terdapat mustaka.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbsulsel/ https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbsulsel/2016/10/06/ragam-cagar-budaya-tinggalan-kerajaan-gowa/
Comments
Loading...