Masjid Kasunyatan Serang

0 198

Lokasi Masjid Kasunyatan

Masjid Kasunyatan terletak di Jl. Raya Pelabuhan Karangantu, Kampung Kasunyatan, Kelurahan Kasunyatan, Kecamatan Kasemen, Kota Serang, Banten.

Masjid Kasunyatan

Dari beberapa hasil penelitian, Masjid Kasunyatan diperkirakan berdiri antara tahun 1552 sampai 1570, yakni pada masa pemerintahan Maulana Yusuf, dimana tokoh masyarakat (ulama) yang sangat berperan pada masa itu adalah Syekh Abdul Syukur. Kompleks Masjid Kasunyatan ini berada di atas tanah seluas kurang lebih 2544 m2.

Pemberian nama Kasunyatan tidak terlepas dari latar belakang sejarah kampung Kasunyatan sendiri yang dahulunya merupakan tempat tinggal para alim ulama. Keberadaan desa dan Masjid Kasunyatan tidak lepas dengan sejarah Banten, terutama pada masa pemerintah Maulana Muhammad. Dikisahkan bahwa untuk menunjukkan rasa hormatnya kepada sang guru yang bernama Kyai Dukuh, ia memberi gelar kepada sang guru, Pangeran Kasunyatan.

Bangunan Masjid Kasunyatan

Secara gaya arsitektur, terdapat beberapa perbedaan dengan masjid-masjid di masa sekarang, dan terdapat beberapa persamaan dengan masjid kuno lainnya seperti Masjid Agung Banten, Masjid Kenari, Masjid Pacinan Tinggi, dan lain-lain.

Masjid Kasunyatan merupakan kompleks bangunan yang dibatasi oleh tembok keliling, dengan tiga gapura yang terletak di sisi barat, selatan dan timur. Gapura di sisi barat merupakan pintu masuk ke halaman makam sisi utara dan sekaligus sebagai pembatas dengan makam di halaman timur. Di bagian depan gapura terdapat pipi tangga berbentuk lengkung. Pada bagian atas gapura terdapat ragam hias pola geometris. Pintu masuk berukuran tinggi ± 2,10 meter, lebar ± 1,25 meter bagian atas berbentuk melengkung.

 

Source https://gpswisataindonesia.info/ https://gpswisataindonesia.info/2017/10/masjid-kasunyatan-kasemen-kota-serang/
Comments
Loading...