Masjid Kajiwatu Banyumas

0 124

Lokasi Masjid Kajiwatu

Masjid Kajiwatu ini terletak di Grumbul Kaligebang, Desa Tamansari, Kecamatan Karanglewas, Kabupaten Banyumas, Provinsi Jawa Tengah. 

Untuk berkunjung ke Masjid Kajiwatu arahkan kendaraan dari Purwokerto ke arah Ajibarang, melewati Jembatan Kali Logawa dan Jembatan Kali Mengaji. Sekitar 600 meter setelah Jembatan Kali Mengaji ambil jalan ke kiri.

Bisa pula naik bis dari terminal Purwokerto, turun di pertigaan 600 meter setelah Jembatan Kali Mengaji, sambung angkutan pedesaan, atau turun di pasar Karang Lewas dan lanjut dengan naik delman.

Bangunan Masjid Kajiwatu

Atap Masjid Kajiwatu yang hampir sejajar dengan di samping kiri atasanya. Atap utama berbentuk limasan tumpang dengan sebuah kemuncak, sedangkan atap bagian teras depan berbentuk limasan terpancung. Jalan masuk ke masjid berukuran 7 x 12 meter ini bisa dari arah samping belakang menuruni undakan di sisi kiri, atau dari arah depan dengan melewati halaman depan yang cukup luas namun gersang.

Masjid Kajiwatu (bagian dalam)

Ruang utama Masjid Kajiwatu dengan pilar-pilar beton kotak yang tampaknya bukan lagi merupakan bagian dari bangunan yang asli.

Masjid Kajiwatu

Masjid Kajiwatu awalnya dibuat oleh Ki Abdullah Isa dari sebuah batu sangat besar yang dengan telaten dipecah olehnya menjadi batu-batu yang lebih kecil untuk dijadikan lantai, tiang, dan dinding masjid. Sebagian dari pecahan batu itu juga digunakan untuk membangun rumahnya yang berada tak jauh dari lokasi masjid.Abdullah Isa adalah penduduk asli Karanglewas, Banyumas. Nama kecilnya adalah Darsan, lahir pada 1850-an dan wafat pada 1955. Nama Abdullah Isa digunakannya sepulang dari melakukan ibadah haji.

Sudah agak sulit untuk menemukan bagian Masjid Kajiwatu yang masih asli karena sebagian sudah disemen dan dicat. Tampaknya hanya sebagian dinding bagian bawah bangunan masjid yang masih terjaga. Catatan saya menyebut bahwa bangunan asli masjid berdiri pada 1 Januari 1834, dan pada 6 Desember 1877 bangunan masjid direhab untuk pertama kalinya.

Source Masjid Kajiwatu Banyumas
Comments
Loading...