Masjid Jamik Baiturrahim Riau

0 18

Masjid Jamik Baiturrahim

Masjid Tua ini diperkirakan berdiri tahun 1925 ini berada di Tarempa (ibu kota Anambas), Kecamatan Siantan, Kabupaten Kepulauan Anambas. Propinsi Kepulauan Riau. Arsitektur masjid ini cukup menarik, terutama bentuk kubah dan menaranya. Begitu juga dengan pintunya yang terbuat dari kayu berukuran besar. Di pelataran masjid terdapat bedug tua, sedangkan di dalamnya terdapat mimbar dari kayu yang berbentuk unik dan berusia tua.
Awalnya mesjid ini bernama Mesjid Teluk Siantan yang dibangun oleh Datuk Kaye Muhd Usman bin Datuk Kaye Muhd Yasin pada tahun 1880M. Lokasinya berada di Pantai Kukup. Tapi Lantaran kerap digenangi air Laut saat pasang, pada tahun 1920, mesjid ini dipindahkan ke area darat, tempat di mana mesjid ini berada sekarang. Proses pemindahan itu dilakukan secara gotong royong oleh masyarakat setempat bersama dengan pemerintah kolonial Belanda yang berkuasa pada waktu itu.
Source https://gpswisataindonesia.wordpress.com https://gpswisataindonesia.wordpress.com/2016/01/06/masjid-masjid-kuno-di-kepulauan-riau/
Comments
Loading...