situsbudaya.id

Masjid Jamie Wali Limbung Temanggung

0 52

Lokasi Masjid Jamie Wali Limbung

Masjid Jamie Wali Limbung terletak di Medari, Ngadirejo, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah 56255.

Masjid Jamie Wali Limbung

Nama masjid tua satu ini memang unik, Masjid Jamie Wali Limbung di desa Medari, Kecamatan Ngadirejo, Temanggung. Wali Limbung yang menjadi nama masjid ini merupakan gelar bagi seorang ulama besar penyebar Islam di daerah tersebut yang dikenal dengan nama Sayid Abdullah atau Syekh Abdullah. Konon beliau berasal dari tanah arab dan mendirikan masjid tersebut di tahun 1662.

Meski telah berumur sangat tua, masjid Jami Wali Limbung ini masih terawat dan terjaga keasliannya. Kendati telah direnovasi tiga kali (tahun 1901, 1957, dan 1982), bentuk aslinya dipertahankan. Terutama, tiang penyangga, tempat imam, serta kerangka atap dari kayu asli tanpa paku. Kayu kayu yang menjadi struktur bangunan masjid ini hanya dirakit dengan lubang penyambung yang kurang rapi. Namun, kendati tampak rapuh, rakitan itu tak pernah berubah selama ratusan tahun.

Pada hari tertentu, khususnya Jumat Pahing, banyak penziarah datang ke makam itu. Mereka adalah warga sekitar serta dari berbagai kota, seperti Cirebon, Demak, Kendal, dan Banjarnegara. Selain masjid, Syekh Sayid juga meninggalkan keranda dari kayu. Keranda itu sekarang masih dipakai untuk membawa jenazah ke pemakaman bila ada penduduk meninggal dunia meskipun keranda tersebut sudah berumur sekitar 338 tahun namun masih utuh dan bisa dimanfaatkan.

Source http://bujanglanang.blogspot.co.id/ http://bujanglanang.blogspot.co.id/2016/07/masjid-jamie-wali-limbung.html
Comments
Loading...