Masjid Jami Sultan Lingga Riau

0 129

Lokasi Masjid Jami Sultan Lingga

Masjid Sultan Lingga terletak di Daik, Kec. Lingga, Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau 29872.

Masjid Jami Sultan Lingga

Pintu Masjid ini pun juga unik. Terdapat 3 pintu yang dapat digunakan sebagai jalan masuk ke ruangan masjid. Pintu dan jendela masjid diukir dengan sulur-sulur sehingga memperkuat nilai budaya masjid. Jika Anda telah masuk ke dalam masjid. Anda akan melihat mimbar yang terbuat dari pahatan kayu yang berukuran 225 x 180 cm. Mimbar ini juga kaya akan pahatan motif sulur serta bunga Jepara.

Sejarah berdirinya Masjid Jami Sultan Lingga ini tidak terlepas dari sejarah pemerintahan Sultan Mahmud III. Pada waktu itu, Sultan Mahmud III merupakan sultan yang memimpin daerah Lingga, Johor, serta Pahang. Menurut riwayat, Masjid Sultan Lingga ini pernah dipindahkan ke Pahang yang hanya digunakan untuk melaksanakan sholat jum’at satu kali.

Fasilitas di Masjid Jami Sultan Lingga

Sama seperti bangunan masjid yang lainnya, Masjid Jami Sultan Lingga memiliki beberapa fasilitas yang umumnya dimiliki oleh masjid. Seperti misalnya ruang-ruang untuk beribadah yang memisahkan antara putra dan putri, kamat mandi, dan tempat parkir.

Letak masjid yang berada di pusat kota menyebabkan banyak fasilitas umum yang dapat ditemui di sekitar masjid, seperti misalnya rumah atau warung makan, penginapan, dan tempat-tempat lainnya yang dibutuhkan pengunjung.

Source Masjid Jami Sultan Lingga Riau Riau
Comments
Loading...