Masjid Jami Sultan Ayub, Benda Cagar Budaya di Sanggau Kapuas

0 106

Masjid Jami Sultan Ayub, Benda Cagar Budaya di Sanggau Kapuas

Berkunjung dan menjelajahi luasnya Bumi Daranante atau lebih dikenal dengan sebutan Kabupaten Sanggau memang sangat menyenangkan. Tata kota yang apik serta sarat akan sejarah dan budaya membuat Sanggau selalu nagih untuk dikunjungi lagi dan lagi.

Artikel ini akan mengajak kita semua berdestinasi ke Sanggau Kapuas menyusuri indahnya Masjid Jami Sultan Ayub yang terkenal dengan keindahan dan kaya akan sejarahnya. Konon, berdirinya Masjid Jami Sultan Ayub ini tidak dapat pula dipisahkan dari adanya bangunan Keraton Surya Negara, sebuah keraton megah yang merupakan istana peninggalan kerajaan Sanggau yang didirikan oleh Putri Daranante.

Keberadaan Keraton Kusuma Negara yang awalnya dibangun di Desa Mangkinang atau daerah hulu Sungai Sekayam dipindahkan ke pusat kerajaan ke Desa Kantuk pada tahun 1826 oleh Sultan Ayub sebagai panembahan kerajaan. Pemindahan ini pula diawali dengan dibangunnya sebuah masjid yang masih kokoh hingga saat ini serta banyak di kenal dengan Masjid Jami Sultan Ayub.

Masjid Jami Sultan Ayub merupakan masjid tertua yang ada di kota Sanggau serta menjadi bukti tentang adanya peradaban Islam di Bumi Daranante tersebut. Selain itu dengan usianya yang sudah cukup tua pula menjadikan masjid ini sebagai salah satu benda cagar budaya di Sanggau sekaligus salah satu destinasi wisata sejarah di sana.

Lokasi masjid yang terkenal dengan keindahannya ini pula terletak di Jl. Pangeran Mas, RT. 2 Kantu, Kelurahan Tanjung Sekayam, Kecamatan Kapuas. Bangunan masjid juga telah mengalami renovasi pada 26 Juli 2009 dan diresmikan secara langsung oleh Bupati Sanggau saat itu H Setiman H Sudin.

Source http://www.bujangadau.net http://www.bujangadau.net/2017/05/masjid-jami-sultan-ayub-benda-cagar.html
Comments
Loading...