situsbudaya.id

Masjid Jami Koto Pangean 1931 Riau

0 35

Lokais Masjid Jami Koto Pangean 1931

Masjid Jami Koto Pangean 1931 terletak di Koto Pangean, Pangean, Kabupaten Kuantan Singingi, Riau 29561.

Masjid Jami Koto Pangean 1931

Masjid Jami’ Pangean merupakan salah satu masjid kuna di Kecamatan Pangean, Kabupaten Kuantan Singingi. Keberadaannya menjadi pertanda sampainya syiar Islam ke daerah ini. Masjid Jami’ Pangean didirikan pada sekitar tahun 1932 berdasarkan pada inskripsi atap masjid. Masjid Jami’ Pangean merupakan masjid Jami’ 4 suku yang ada di daerah Pangean yaitu Suku Melayu, Mandihiliang, Paliang, dan Camin.

Masjid ini merupakan masjid ketiga yang dibangun. Masjid pertama dibangun pada abad ke-17 atas prakarsa Datuk Keramat Laik, masjid ini terbuat dari kayu beratap ijuk. Pada tahun 1888 atap masjid ini terbakar kemudian dibangun masjid kedua yang terbuat dari kayu. Masjid yang kedua ini  kemudian rusak  sehingga dibangun masjid ketiga.

Masjid pertama dan kedua didirikan disebelah sisi utara dari masjid yang ketiga sekrang. Masjid ketiga ini terbuat dari kayu yang didirikan pada tahun 1932. Sebagaimana masjid-masjid yang lain, Masjid Jami’ Pangean difungsikan sebagai masjid jami’ yang digunakan untuk shalat lima waktu dan shalat jumat, serta shalat hari raya jika diperlukan.  Masjid ketiga ini pun telah mengalami kerusakan  sehingga pada tahun 1998 Masjid Jami’ Pangean yang terbuat dari kayu direhabilitasi menjadi bangunan bata.

Masjid Jami’ Pangean berukuran 13,5 m x 16 m atau luasnya adalah 216 m². Pada awalnya masjid ini merupakan bangunan kayu dengan bentuk panggung. Pada tahun 1998 dilakukan pemugaran oleh masyarakat setempat menjadi bangunan tembok yang terbuat dari bata berspesi semen.

Bangunan Masjid Jami’ Pangean ini bergaya arsitektur tradisional. Terlihat dari bentuk atapnya berbentuk limasan tumpang 3. Untuk penggambaran deskripsi bangunan masjid dibagi dalam empat bagian pendeskripsian, yaitu bagian ruang utama, mihrab, serambi, bangunan pendukung, dan bangunan penyerta.

Denah ruangan utama berbentuk empat persegi. Lantai pada ruangan utama terbuat dari keramik putih berukuran 30 x 30 cm. Dindingnya berupa dinding bata berlepa yang telah dilapisi oleh keramik biru berukuran 10 cm x 20 cm. Ketebalan dinding sekitar 15 cm. Plafonnya terbuat dari papan kayu berwarna putih.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbsumbar/ https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbsumbar/2017/06/19/masjid-jami-koto-pangean-1931/
Comments
Loading...