Masjid Jami’ Indrapuri Kecamatan Indrapuri

0 159

Masjid Jami’ Indrapuri

Masjid Jami’ Indrapuri, Masjid tua yang diduga dibangun di atas bekas sebuah candi, ketika masyarakat di sekitar daerah tersebut sudah memeluk agama Islam. Masjid tua yang masih dijaga dengan baik hingga kini dan masih berfungsi dan dimanfaatkan oleh kaum muslimin di Indrapuri. Selain menjadi kebanggan muslim Indrapuri, masjid tua ini juga sudah menjadi bangunan tua yang dilindungi undang – undang.

Masjid Jami’ Indrapuri terletak di Pasar Indrapuri, Kecamatan Indrapuri, Kabupaten Aceh Besar, Provinsi Nangroe Aceh Darussalam, dipinggir sungai yang memisahkan Pasar Indrapuri dengan jalan raya Medan – Banda Aceh. Masjid Jami Indrapuri pada mulanya merupakan sebuah bangunan candi yang dibangun pada abad ke 12 M di kerajaan Indrapuri. Jauh sebelum berdirinya Kesultanan Aceh darussalam di abad ke 15 M.

Sultan pertama Aceh, Sultan Ali Mughayat Syah dinobatkan sebagai Sultan pada hari Ahad, 1 Jumadil awal 913 H atau pada tanggal 8 September 1507. Pengaruh Kesultanan Aceh menyebar di pulau Sumatera hingga ke wilayah semenanjung Malaya. Manakala Islam kemudian masuk ke wilayah Indrapuri dan kemudian mengubah peradaban disana ke peradaban Islam, fungsi candi Indrapuri pun kemudian berubah menjadi sebuah masjid.

Konon perubahan itu terjadi semasa pemerintahan Sultan Iskandar Muda berkuasa di Kesultanan Aceh Darussalam tahun 1607 M hingga 1636 M. Sultan Iskandar Muda juga lah yang kemudian membangun masjid Indrapuri menggantikan Candi di lokasi tersebut. Kini Masjid Jami’ Indrapuri selalu ramai oleh jama’ah. Di bulan suci Ramadhan, Masjid ini senantiasa masuk dalam agenda tujuan safari Ramadhan para petinggi kabupaten.

Source Masjid Jami’ Indrapuri Masjid Jami’ Indrapuri
Comments
Loading...