Masjid Jami’ Gresik

0 17

Masjid Jami’ Gresik

Gresik yang disebut Kota Santri dipandang dari banyaknya masjid yang dibangun di setiap desa di Kabupaten Gresik, dan belum lagi beberapa mushola yang dibangun di tiap-tiap RT se Kabupaten Gresik yang jumlahnya ribuan mushola.

Bahkan ada yang dalam satu RT memiliki mushola lebih dari satu, dan juga da di satu desa yang memiliki masjid lebih dari dua. dari banyaknya masjid dan mushhola yang dibangun di Kota Gresik, terdapat salah satu masjid yang menjadi acuhan hukum dan keputusan-keputusan yang berkenaan dengan syariat Islam, yaitu Masjid Jami’ Gresik.

Masjid Jami’ Gresik ini berada di sisi barat alun-alun Kota Gresik, tepatnya di Jl. K.H. Wachid Hasyim. Selain Masjid Jami’ Gresik yang digunakan sebahgai acuhan sumber ajaran agama Islam di Gresik, juga terdapat Masjid Sunan Giri di Kecamatan Kebomas, Masjid Kyai Gedhe di Kecamatan Bungah dan Masjid Kanjeng Sepuh di Kecamatan Sedayu.

Kenapa masjid ini dinamakan Masjid Jami’ Gresik? Secara ukuran masjid ini besar dan luas, dan yang pasti masjid ini cocok disebut Masjid Jami’, karena usia masjid ini yang sangat tua, masjid ini menyandang gelar masjid tertua di Kabupaten Gresik dan juga Masjid tertua di Pulau Jawa.

Berkaca dari sejarah, bahwa Masjid Jami’ Gresik ini dibangun oleh Syeh Maulana Malik Ibrahim yang terdapat tulisan dibangun pada tahun 1400 Masehi, dahulu masjid ini hanya berukuran kecil, sama dengan ukuran mushola sekarang yang ada di tiap-tiap RT di Kota Gresik. Pada tahu sekitar 1600 Masehi pd jaman Bupati Poeponegoro, masjid ini direnovasi menjadi lebih besar lagi, dikarenakan sudah tidak sanggup lagi menmpung jumlah jama’ah sholat yang begitu banyak. Apalagi pada saat ibadah sholat Jum’at. Dan renovasi Masjid Jami’ terakhir dilakukan tahun 2012 Masehi. Meskipun demikian, karena semua warga Kota Gresik dan para peziarah yang ingin mengikuti sholat berjama’ah di Masjid Jami’ Gresik ini, sampai perluasan terakhir itu masih belum dapat menampung jumlah jama’ah sholat tiap harinya, bahkan banyak para jama’ah yang sampai rela sholat di jalan raya depan masjid yang selalu ditutup untuk lalu lintasnya setiap tiba waktu sholat.

Masjid Jami’ Gresik ini juga dikunjungi oleh para peziarah setelah mereka berziarah di Makam Sunan Gresik dan Makam Sunan Giri untuk menunaikan sholat, mereka mengatakan sepertinya masih da yang kurang apabila kami berziarah ke makam para wali songo tanpa melakukan sholat berjama’ah di Masjid Tertua di Tanah Jawa yang pernah dibangun oleh Syeh Maulana Malik Ibrahim pada masa-masa Puncak Kejayaan Kerajaan Majapahit ini.

Source https://id-gresikkoe.blogspot.com https://id-gresikkoe.blogspot.com/2015/09/wisata-gresik-masjid-jami-gresik-masjid.html
Comments
Loading...