Masjid Jami Bangka Belitung

0 113

Lokasi Masjid Jami

Masjid Jami berada di Desa Tanjung, Kecamatan Muntok, Kabupaten Bangka Barat Provinsi Kepulauan Bangka-Belitung.

Masjid Jami

Masjid Jami’ dibangun pada tahun 1883. Orang yang memimpin pembangunan masjid ini adalah Tumenggung Mohammad Ali. Tumenggung Mohammad Ali adalah utusan dari kerajaan Sriwijaya yang bertugas mengurusi pertambangan timah di kota Muntok.

Pembangunan Masjid Jami’ tidak lepas dari campur tangan masyarakat tionghoa yang tinggal di Muntok pada masa itu. Bahkan arsitektur dari Masjid Jami’ juga dipengaruhi oleh gaya bangunan masyarakat tionghoa. Hal ini dapat dilihat pada atap bangunan Masjid Jami’ yang melengkung seperti bangunan masyarakat tionghoa pada umumnya.

Tidak hanya masyarakat tionghoa pembangunan masjid ini juga dibantu oleh arsitektur dari Belanda. Pintu Masjid Jami’ yang besar adalah bukti bahwa bangunan masjid ini dipengaruhi oleh corak Belanda. Lantai marmer dari Masjid Jami’ bahkan diimpor langsung dari negara Italia yang diangkut menggunakan kapal-kapal orang cina. Pada awal pembangunan, Masjid Jami’ tidak memiliki alat pengeras suara sehingga saat adzan para muadzin naik kelantai dua baru kemudian mengumandangkan adzan. Dahulunya didepan masjid ini terdapat sebuah meriam yang digunakan sebagai penanda waktu sahur dan berbuka. Namun sejak terjadi banjir bandang pada tahun 1960 meriam itu hilang.

Awalnya bangunan Masjid Jami’ tidak seluas sekarang, namun karena tempat yang sempit dan jamaah yang semakin banyak maka area masjid diperluas. Sejak dibangun Masjid Jami’ sudah pernah direnovasi sebanyak tiga kali. Renovasi dilakukan pada tahun 1970, tahun 2008 dan tahun 2013. Pada tahun 2008 dibangun bangunan tambahan yang biasa digunakan sebagai majelis pengajian dan tempat bermusyawarah.

Selain digunakan sebagi pusat ibadah Masjid Jami’ juga digunkaan sebagai tempat pembelajaran Taman Pengajian Al-quran. Banyak para wisatawan muslim dan para musafir sengaja datang dan mengerjakan salat di masjid ini.

Source Masjid Jami Bangka Belitung Bangka Belitung
Comments
Loading...