Masjid Jami Assalafiyah Jatinegara

0 57

Lokasi Masjid Jami Assalafiyah

Masjid Jami Assalafiyah terletak di Kel. Jatinegara Kaum Kec. Pulo Gadung Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta.

Masjid Jami Assalafiyah

Pada sekitar tahun 1619 M terjadi pertempuran yang melibatkan prajurit Pangeran Jayakarta dengan serdadu Pemerintah Hindia Belanda yang pada waktu itu dipimpim oleh Gubemur Jenderal Jaan Pieter Zoon Coen di daerah Mangga Dua (wilayah Jakarta Pusat).

Pada pertempuran itu prajurit Pangeran Jayakarta terkepung dari beberapa arah. Dengan cara melepas jubah dan kemudian dibuang ke sebuah sumur tua, akhimya Pangeran Jayakarta dapat meloloskan diri. Akan halnya serdadu Belanda, begitu melihat jubah Pangeran ada di dalam sumur, mereka mengira Pangeran Jayakarta telah meninggal. Akhimya, sumur itu pun ditimbun.

Karena suasana yang tidak memungkinkan, akhimya Pangeran Jayakarta hijrah ke Jakarta Timur. Sampailah ia di daerah hutan jati yang sangat lebat, kini dikenal sebagai daerah Jatinegara. Di hutan jati dan di seberang Kali Sunter -pada waktu inilah, Pangeran Jayakarta kemudian mendirikan sebuah masjid.

Masjid Jami Assalafiyah ini persisnya didirikan pada tahun 1620 M. Pada mulanya didirikan untuk menghimpun para jawara (preman, jagoan) dan ulama untuk meneruskan perjuangannya melawan Pemerintah Belanda dan untuk menyiarkan agama Islam di tanah Sunda Kelapa.

Masjid yang tepatnya berada didaerah Jatinegara Kaum ini mengalami renovasi berkali-kali. Renovasi pertama kali dilakukan oleh Pangeran Sugeri pada tahu 1700 M. Pangeran Sugeri adalah putra Sultan Fatah (Sultan Banten). Anak danbapak ini hijrah, kemudian bergabung dengan Pangeran Jayakarta, karena mereka berselisih dengan saudaranya, Sultan Haji yang diangkat menjadi Penguasa Banten oleh Pemerintah Hindia Belanda.

Mengingat Pangeran Jayakarta adalah seorang pejuang, maka kelestarian Masjid Assalafiyah yang dibangunnya pun menjadi tanggung jawab Pemda DKI Jakarta. Segala bentuk pembangunan maupun perbaikan masjid menjadi wewenang Pemda DKI. Terutama renovasi terhadap cungkup makam Pangeran Jayakarta itu sendiri.

Source http://duniamasjid.islamic-center.or.id/ http://duniamasjid.islamic-center.or.id/1097/masjid-jami-assalafiyah-jatinegara/
Comments
Loading...