Masjid Jami Al Yaqin Bandar Lampung

0 105

Lokasi Masjid Jami Al Yaqin Bandar Lampung

Masjid Al-Yaqin merupakan masjid tertua yang terletak di salah satu jalan utama Kotamadya Bandar Lampung, tepatnya di Jalan Raden Intan, Tanjung Karang.

Masjid Jami Al Yaqin Bandar Lampung

Pada mulanya, sekitar tahun 1883, Masjid Al- Yaqin berada di dekat Pasar Bawah (pos polisi lama dekat Bioskop Raya). Masjid Al-Yaqin dibangun oleh orang-orang Bengkulu yang merantau di Tanjung Karang. Menurut almarhum K.H. Ali Thasim, sebelum ia meninggal dunia, lokasi masjid di Pasar Bawah bertahan selama 29 tahun. Pada tahun 1912 dipindahkan ke lokasi yang sekarang ini, dengan tanah berukuran 30 x 37 m dan luas 1.110 m2. Tanahnya merupakan tanah wakaf dan tiga orang, yaitu seorang haji asal Menggala, H. Cik, dan penghulu Muhidi (almarhum) sebagai nazir. Ketika itu, bentuk bangunannya masih semipermanen, berdinding papan, lantai semen, dan beratap genteng.

Renovasi Masjid Jami Al Yaqin Bandar Lampung

Untuk pertama kalinya, pada tahun 1923, Masjid Al-Yaqin dipugar menjadi permanen, namun tanpa kubah. Baru pada tahun 1952 di¬bangun kubah. Tahun 1963 dilakukan pemugaran kembali yang di tangani oleh K.H. Thasim sebagai ketua panitia pembangunan dan Asturi sebagai pelaksana. Sedangkan, H. Ishak (almarhum) sebagai donatur.

Pada tahun 1963, bangunan fisik Masjid Al-Yaqin dipugar secara permanen, berikut kubahnya hingga kini masih dapat di lihat. Demikian pula tulisan kaligrafi yang timbul di dinding merupakan hasil tulisan seorang santri dari Jawa Barat. Pemugaran akhir dilakukan pada tahun 1990 yang dananya me¬rupakan infak dari Bapak Nurdin Muhayat, mantan Walikota Bandar Lampung. Ia juga menjadi Ketua Umum Masjid Jami Al-Yaqin. Yang dipugar antara lain bagian kayu, atap, dan genteng. Untuk memperoleh keindahan masjid dilakukan pengecatan total, pemasangan lampu hias, pembuatan taman di bagian belakang dan depan masjid.

Source Masjid Jami Al Yaqin Bandar Lampung lampung
Comments
Loading...