Masjid Jami al-Anwar Lampung

0 152

Lokasi Masjid Jami Al-Anwar

Masjid Jami al-Anwar terletak di Jalan Laksamana Malahayati No. 100, Kangkung, Teluk Betung Selatan, Pesawahan, Tlk. Betung Selatan, Kota Bandar Lampung, Lampung.

Masjid Jami al-Anwar

Masjid Jami al-Anwar yang berdiri pada abad ke-18 ini oleh pemerintah daerah Lampung melalui Kantor Wilayah Departemen Agama Lampung di- tetapkan sebagai masjid tertua dan bersejarah di Bandar Lampung. Penetapan itu tertuang dalam SK No.: Wh/2/SK/147/1997.

Masjid Jami Al-Anwar yang masih kokoh itu juga menyimpan Al- Qur’an dan 700 buku-buku ajaran agama Islam berusia 150 tahun. Sebagian dari kumpulan buku ajaran agama Islam itu tidak ada di daerah lain. Buktinya, ketika ada seseorang dari Malaysia mencari salah satu buku langka tentang ajaran Islam, ia menemukannya di perpustakaan masjid itu.

Para pendirinya, seperti Tumenggimg Muhammad Ali dan Penghulu Besar Kiai Muhammad Said yang wafat sebelum zaman kemerdekaan, dimakamkan di Pemakaman Gunung Kunyit, Jalan Yos Sudarso Telukbetung. Masjid yang Akibat letusan Gunung Krakatau, Masjid Al Anwar sempat rusak, namun bangunan ini kembali dibangun dan sampai saat ini masih digunakan bahkan kemudian berkembang menjadi pusat pengkajian filsafat ilmu Islam.

Pada masa perjuangan kemerdekaan, masjid ini berperan sebagai basis perlawanan rakyat ketika Belanda menduduki Lampung. Di atas lahan seluas 6.500 meter ini telah mengalami dua kali renovasi, yakni tahun 1962 dan 1997. Semula masjid ini hanya mampu menampung 300-400 jamaah. Tahun 1962 masjid diperluas dengan tambahan serambi selatan, utara, dan timur. Kini, dapat menampung 1.500 sampai 2.000jamaah. Terakhir, renovasi masjid ini dibutuhkan dana sekitar Rp400 juta.

Source Masjid Jami al-Anwar Lampung lampung
Comments
Loading...