situsbudaya.id

Masjid Jami Air Tiris Kampar

0 172

Lokasi Masjid Jami Air Tiris

Masjid Jami Air Tiris terletak di  Air Tiris, Kec. Kampar, Kabupaten Kampar, Riau 28463.

Masjid Jami Air Tiris

Masjid Jami Air Tiris ini dibangun pada tahun 1901 M atas prakarsa seorang ulama bernama Engku Mudo Songkal, sebagai panitia pembangunannya adalah yang disebut dengan “Ninik Mamak Nan Dua Belas” yaitu para ninik-mamak dari berbagai suku yang ada dalam seluruh kampung. Tahun 1904 masjid ini selesai dibangun dan diresmikan oleh seluruh masyarakat Air Tiris dengan menyembelih 10 ekor kerbau.

Nilai historis yang melekat pada Masjid Djami’ merupakan perpaduan antara aspek fisik dan non-fisik. Dari aspek fisik bangunannya, masjid yang dibangun di masa penjajahan Belanda ini ternyata memiliki arsitektur yang cukup unik. Begitupun konstruksi bangunan dan ukiran-ukiran yang terdapat di dalamnya sangatlah istimewa dan bernilai tinggi.

Diakui bahwa bahan-bahan bangunan yang dipergunakan didapatkan dengan cara-cara yang istimewa pula. Faktor-faktor itulah yang membuat nilai sejarah masjid ini semakin menonjol diantara yang lainnya. Sementara dari aspek non-fisik, masjid itu menjadi simbol persatuan masyarakat Air Tiris dalam mengembangkan ajaran Agama Islam serta mengisi masjid ini dengan kegiatan-kegiatan keagamaan.

Selama masa berdirinya hingga sekarang Masjid Djami’ telah mengalami beberapa renovasi antara lain pada bagian atap yang telah diperbaharui pada masa pemerintahan Presiden Soeharto, tangga yang diubah dari kayu menjadi tangga semen dan pembaharuan kayu pada lantai masjid. Kegiatan rutin yang berlangsung hingga kini di Masjid Djami’ adalah sholat 5 waktu berjamaah dengan warga sekitar masjid yang mencakup sekitar 120 kepala keluarga.

Adapula pengajian setiap Jum’at petang dan Sabtu malam yang mengundang ustadz dari RT dan RW setempat ataupun ustadz darin daerah luar Air Tiris khusus pada perayaan hari besar umat Islam. Selain itu juga ada panduan sejarah untuk wisatawan yang berkunjung pada waktu-waktu tertentu oleh penjaga masjid. Untuk para musafir dan jamaah tabligh diperbolehkan untuk menginap, Masjid Djami’ buka 24 jam dalam sehari untuk keperluan umat Islam.

Source Masjid Jami Air Tiris Kampar Riau
Comments
Loading...