Masjid Istiqomah Balikpapan

0 161

Masjid Istiqomah Balikpapan

Masjid yang dibangun beberapa tahun setelah kemerdekaan ini terletak sangat strategis. Hanya beberapa meter dari Lapangan Merdeka yang menjadi salah satu pusat kegiatan masyarakat Balikpapan. Masjid ini juga dikelilingi lokasi wisata menarik seperti Pantai Kemala, Pantai Kilang Mandiri, dan Tugu Australia.

Meski demikian, tepat ibadah ini juga memiliki daya tarik tersendiri. Dibangun pada 1967, banyak fasilitas umum yang berada di tempat ibadah ini. Antara lain studio radio dakwah IDC FM, perpustakaan, guest house hingga pusat pendidikan agama Islam.

Awalnya, Istiqomah adalah surau kecil di Jalan Sekolah. Pada 11 Juni 1967, dimulai proses renovasi oleh Mayor HM Idris BA. Peresmian dan perubahan nama surau menjadi Masjid Istiqamah dilakukan pada 29 Oktober 1967. Pada 1984, masjid ini dipindah ke Jalan Sport No. 1 Gunung Dubs yang berdampingan dengan Lapangan Merdeka. Setahun kemudian, masjid ini diresmikan.

Seiring dengan proses renovasi, komplek masjid juga dapat dimanfaatkan masyarakat. Seperti akad nikah, diskusi, kajian Islam, hingga sekolah. Masjid Istiqomah menjadi pusat kegiatan umat Islam di Balikpapan seperti pelaksanaan Salat Idul Fitri maupun Idul Adha.
Source http://godiscover.co.id http://godiscover.co.id/index.php/2016/03/24/5-wisata-religi-di-balikpapan/
Comments
Loading...