Masjid Godang Nagari Koto Nan Ompek

0 13

Masjid Godang Nagari Koto Nan Ompek

Payakumbuh merupakan kota besar pertama yang akan anda jumpai jika datang via darat melewati provinsi riau. memang tak ada yang beda dengan kota besar lainnya namun jika kita masuk ke dalam maka akan didapati peninggalan sejarah terutama adanya mesjid yang sudah berusia diatas 100 tahun.

Masjid Godang Nagari Koto Nan Ompek yang terletak di salah satu kawasan permukiman di Payakumbuh nyaris tidak pernah berubah sejak dulu. Masjid kuno yang didirikan pada abad ke-19 itu masih menampilkan bentuk aslinya sampai hari ini. Tempat ibadah tersebut betul-betul berbeda dengan kebanyakan masjid yang ada saat ini. Atapnya berbentuk limas segi empat berundak tiga. Tidak ada kubah ataupun menara. Hal yang paling menarik, hampir semua bahan bangunannya terbuat dari kayu, mulai dari dinding, lantai, hingga tiang-tiangnya.

Keberadaan Masjid Godang Koto Nan Ompek memiliki sejarah yang cukup panjang. Rumah ibadah ini dibangun oleh niniak mamak leluhur kami pada 1832, tepatnya semasa pemerintahan Regent Chedoh (wedana Payakumbuh ketika itu—Red).

Source https://www.dakwahpost.com https://www.dakwahpost.com/2016/08/melirik-sejarah-berdirinya-masjid-godang-nagari-koto-nan-ompek-payakumbuh.html
Comments
Loading...