Masjid Gadang Balai nan Duo Kota Payakumbuh Sumatera Barat

0 16

Masjid Gadang Balai nan Duo Kota Payakumbuh Sumatera Barat

Masjid Gadang Balai nan Duo terletak di Kelurahan Balai nan Duo (Kenagarian Koto nan Ampek), Kecamatan Payakumbuh Barat, Kota Payakumbuh, Provinsi Sumatera Barat.

Tidak diketahui pasti tahun berapa sebetulnya masjid ini mulai berdiri. Menurut Abdul Baqir Zein dalam bukunya yang berjudul Masjid-masjid Bersejarah di Indonesia, masjid ini diperkirakan dibangun pada tahun 1840 dan dinamakan berdasarkan nama tempat didirikannya, yakni Nagari Koto Nan Ampek. Pembangunannya dipimpin oleh tiga orang penghulu yang berasal dari suku yang berbeda di Minangkabau, yakni: Datuk Kuniang dari suku Kampai, Datuk Pangkai Sinaro dari suku Piliang, dan Datuk Siri Dirajo dari suku Malayu.

Masjid Gadang Balai nan Duo merupakan suatu kompleks yang terdiri dari beberapa bangunan. Bangunan utama adalah masjid yang berada di bagian tengah.
Secara keseluruhan, arsitektur yang dimiliki masjid ini dipengaruhi oleh corak Minangkabau dengan konstruksi bangunan umumnya terbuat dari kayu. Atap masjid ini dibuat berundak-undak sebanyak tiga tingkat dengan permukaan yang tidak datar melainkan melentik; cocok untuk daerah beriklim tropis karena dapat lebih cepat mengalirkan air hujan ke bawah.
Bangunan masjid berbentuk empat persegi dengan ukuran 140 x 168 meter. Dinding masjid terbuat dari bahan kayu. Pintu masuknya diberi anak tangga dan terletak di sisi timur. Di depan anak tangga terdapat bangunan tempat wudhu dan kamar kecil.
Source https://gpswisataindonesia.wordpress.com https://gpswisataindonesia.wordpress.com/2015/10/17/masjid-gadang-balai-nan-duo-kota-payakumbuh-sumatera-barat/
Comments
Loading...