Masjid Donopuro Madiun

0 163

Lokasi Masjid Donopuro

Masjid Donopuro terletak di Jalan Asahan Nomor 45, Kelurahan Taman, Kecamatan Taman, Kotamadia Madiun, Jawa Timur.

Masjid Donopuro

Di sebelah barat masjid terdapat makam kuno. Luas makam dan masjid sekitar 28.960 m2dan bangunan masjid sendiri berukuran 36 x 47 m. Letak masjid di tengah perkampungan penduduk. Masjid dikelilingi bangunan- bangunan baru yaitu di sebelah utara terdapat Kantor Urusan Agama Kecamatan Taman, di sebelah selatan Kantor Kelurahan Taman dan rumah juru pelihara makam kuno Taman, di sebelah timur jalan arteri primer (jalan Asahan) yang menghubungkan Kotamadia Madiun bagian selatan dengan utara.

Makam kuno yang berada di belakang (barat) masjid merupakan kompleks makam Bupati Madiun. Di dalam kompleks makam terdapat II makam bupati. Kompleks makam mempunyai empat buah pintu masuk, yakni dua pintu masuk sebelah timur dan dua buah di sebelah barat. Pintu masuk sebelah barat dibuka hanya pada waktu banyak pengunjungnya saja, sedangkan pintu sebelah timur dibuka setiap hari. Tiap-tiap makam mempunyai halaman sendiri-sendiri yang dipisahkan oleh tembok pembatas, serta masing-masing makam memiliki gapura atau pintu.

Masjid Donopuro didirikan oleh Bupati Madiun, Pangeran Mangkudipuro pada tahun 1725 M. Selain mendirikan Masjid Donopuro Taman, beliau juga mendirikan makam keluarga yang berada di belakang masjid. Ketika terjadi pemberontakan Sawo, Pangeran Mangkudipuro diberi tugas untuk memadamkan pemberontakan itu, tetapi usaha pangeran gagal, sehingga ia dipindahkan ke Kabupaten Caruban sebagai bupati. Sedangkan penggantinya adalah Pangeran Raden Ronggo Wedono yang merangkap sebagai bupati wedono di Mancanegara Timur. Tahun 1940 dilakukan perluasan ruangan bangunan serambi I dan pembuatan segi delapan dan pada tahun 1989 pembuatan bangunan serambi II.

Source https://jawatimuran.wordpress.com/ https://jawatimuran.wordpress.com/2011/11/29/masjid-donopuro-madiun-jawa-timur-masjid-kuno-indonesia/
Comments
Loading...