Masjid Damarjati Salatiga

0 376

Lokasi Masjid Damarjati

Masjid Damarjati terletak di Jl. Damarjati No. 05 RT 02 RW 05 Krajan Kel. Salatiga, Jawa Tengah 50711.

Masjid Damarjati

Masjid Damarjati merupakan masjid tertua di Salatiga yang didirikan pada tahun 1826 oleh Ki Ronosetiko Laskar Pangeran Diponegoro yang dibantu oleh Kyai Damarjati. Dari sisi sejarah, Masjid Damarjati ini memiliki kesamaan dengan Masjid Al- Atiiq yang terletak di Kauman atau Jalan KH Wahid Hasyim Nomor 2, yakni sama- sama didirikan oleh laskar Pangeran Diponegoro.

Masjid Damarjati telah mengalami renovasi beberapa kali dalam salah satu renovasi dibuat prasasti yang berisikan sekelumit sejarah dibangunnya Masjid Damarjati dan orang-orang yang berjasa membangun kembali Masjid Damarjati yang hampir runtuh. Bangunan suci yang sudah berusia 190 tahun tersebut, hingga sekarang tetap berfungsi kendati lokasinya berhimpitan dengan rumah warga.

Masjid Damarjati yang menempati lahan seluas 369 meter persegi ini, sudah mengalami dua kali renovasi. Sesuai prasasti yang menempel di dinding , pemugaran pertama di tahun 1978 dan renovasi kedua di tahun 2007.

Proses pemugaran secara besar-besaran dilakukan pada tanggal 29 Desember 1978 dengan peletakan batu pertama oleh DAM REM 073 Makutoromo dan Muspida Kodim Salatiga. Berikutnya, di tahun 2007 kembali dipugar.  Selain gentingnya diganti asbes, belakangan kubahnya juga dibuat dua buah. Sampai sekarang, Masjid yang kapasistasnya mencapai 200 orang tersebut tetap difungsikan kendati areal parkirnya sangat sempit.

Kondisi bagian dalam Masjid Damarjati seperti masjid-masjid yang baru saja dibangun namun tampak sederhana. Tidak ada ornamen-ornamen yang menghiasi di sekeliling masjid.  Ruangan dalam masjid cukup sempit dan terdapat dua ruangan yang terpisah.

Dengan dinding masjid yang telah dilapisi porselen dan karpet sebagai alas buat sholat yang biasa kita temukan di masjid-masjid yang lain. Namun dibalik kesan yang biasa tersebut banyak orang tidak mengira bahwa cikal bakal sejarah penyebaran Agama Islam kota Salatiga bermula dari Masjid Damarjati ini.

Source https://singgahkemasjid.blogspot.co.id/ https://singgahkemasjid.blogspot.co.id/2017/10/masjid-damarjati-tertua-di-salatiga.html
Comments
Loading...