Masjid Cikoneng Anyer Serang

0 108

Lokasi Masjid Cikoneng Anyer

Masjid Cikoneng Anyer terletak di jalan raya Anyer, Kampung Cikoneng, Kecamatan Anyer, Kabupaten Serang, Provinsi Banten.

Masjid Cikoneng Anyer

Masjid Cikoneng Anyer merupakan masjid kuno peninggalan jaman Belanda, didirikan sekitar abad ke-16 akhir atay awal abad ke-17. Masjid ini sebenarnya bernama Masjid Darul Falah, tetapi masyarakat setempat lebih mengenalnya sebagai Masjid Cikoneng, sesuai dengan nama kampungnya.

Masjid ini dibangun oleh masyarakat Lampung yang ada di Anyer. Masyarakat sekitar masjid meyakini bahwa pendirian masjid berhubungan dengan utusan dari Kerajaan Tulang Bawang, Lampung yang menyebarkan Islam di Banten.

Komunitas mayarakat Lampung sudah berkembang di Cikoneng sejak abad ke-16. Pada masa itu, Kesultanan Banten dipimpin oleh Sultan Maulana Hasanuddin (1552-1570). Sultan Maulana Hasanuddin meminta bantuan Kerajaan Tulang Bawang untuk penyebaran Islam di Banten. Utusan dari Lampung ini kemudian menetap di Cikoneng.

Bangunan Masjid Cikoneng Anyer

Masjid Cikoneng merupakan bentuk arsitektur perpaduan antara Islam, Eropa dan budaya Lampung. Beberaa di antaranya corak Islam kuat terlihat berupa kaligrafi, Eropa tampak dari bentuk tiang, sedangkan budaya lampung terlihat dari hiasan sleger. Arsitektur Masjid Cikoneng sangat kental dengan budaya Indonesia, termasuk kepercayaan dan agama sebelum Islam.

Bangunan Masjid ditinggikan dari permukaan tanah. Di bagian timur serambi ini terdapat tempat berwudhlu yang terpisah dari bangunan ini masjid.

Masjid Cinoneng berdenah empat persegi panjang tidak sempurna dengan ukuran ± 24 x 8 meter². Bentuk dan ukuran ini terdiri dari tiga bagian bangunan atau ruangan dengan dua atap. Bentuk dan ukuran satu ruangan inti (ruang sholat pria) dengan ukuran 8 x 8 meter². Kemudian denah bangunan masjid ini nerubah bentuk, penambahan bangunan (ruang sholat wanita dan ruang tempat berwudhlu). Terdapat bagian bagian yang menonjol di sebelah barat, yaitu mihrab.

Source https://gpswisataindonesia.info/ https://gpswisataindonesia.info/2017/12/masjid-cikoneng-kabupaten-serang/
Comments
Loading...