Masjid Beuracan Kecamatan Meureudu

0 171

Masjid Beuracan

Masjid Teungku Di Pucok Krueng Beuracan atau biasa dikenal dengan Masjid Beuracan merupakan satu dari sejumlah masjid bersejarah di kabupaten Pidie Jaya yang masih berusia enam tahun. Masjid Beuracan terletak di Desa Beuracan, Kecamatan Meureudu, Kabupaten Pidie Jaya , Prov. Aceh, yaitu di pinggir jalan Sigli – Medan yang dapat dijangkau dengan semua jenis kendaraan darat.

Masjid ini dibangun di atas tanah seluas 40 x 40 meter dengan status tanah wakaf. Berdasarkan informasi bahwa mesjid Beuracan dibangun oleh Tgk. Salim pada tahun 1622 M pada masa pemerintahan Sultan Iskandar Muda memerintah Kerajaan Aceh. Tgk. Salim berasal dari Madinah. Ia datang melalui selat Malaka hingga sampai di daerah Meureudu bersama-  sama dengan Tgk. Japakeh dan Malim Dagang.

Tgk. Salim tinggal menetap di Pocut Krueng sehingga ia dikenal dengan nama Tgk. Chik di Pocut Krueng. Tgk. Japakeh menetap di Desa Meunasah Raya dan Malim Dagang menetap di Desa Manyang Cut. Ia adalah seorang ulama. Oleh karena itu, ia kemudian membangun masjid sebagai pusat pengajaran agama Islam kepada masyarakat disekitarnya. Di samping itu, ia juga membuka lahan persawahan seluas 50 ha dan tanah perkebunan dilingkungan mesjid seluas 6 ha, yang hasilnya digunakan untuk membiayai pembangunan masjid.

Masjid dengan bentuk empat persegi mudah ditemukan, berada persis di pinggir jalan negara, lintas Banda Aceh – Medan jika dari arah barat atau memasuki Kecamatan Meureudu, terdapat dua masjid dalam satu kompleks yang langsung terlihat oleh siapa saja yang melintas di kawasan itu tepatnya di bantaran sungai Krueng Beuracan, Meureudu.

Source Masjid Beuracan Masjid Beuracan
Comments
Loading...