Masjid Besar Syiarul Islam Lemah Abang

0 127

Lokasi Masjid Besar Syiarul Islam

Masjid Besar Syiarul Islam terletak di Jalan Raya Lemah Abang, Desa Simpangan, Kecamatan Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Indonesia.

Masjid Besar Syiarul Islam

Menurut penuturan para tetua di Lemah Abang, Masjid Besar Syiarul Islam pertama kali dibangun tahun 1915 oleh Raden latif dan Raden Kahfi yang berasal dari Sukaraja Cileungsi Kabupaten Bogor. Pada saat pertama kali dibangun, berupa bangunan masjid sederhana dengan dinding bambu, seiring dengan perkembangan zaman masjid tersebut terus diperbaiki dan dibangun sampai ke bentuknya saat ini.

Diseberang masjid ini terdapat komplek pemakaman, yang pada masa awalnya merupakan Taman Makam Pahlawan sebelum kemudian Jenazah para syuhada yang dimakamkan disana dipindahkan ke Taman Makam di Kota Bekasi bersamaan juga dengan pemindahan beberapa makam pahlawan tak dikenal dari sekitar lahan yang kemudian dijadikan Stasiun Cikarang (kini telah menjadi SGC Mall). Beberapa makam pejuang kemerdekaan masih ada di Komplek pemakaman di depan Masjid Syiarul Islam ini lengkap dengan satu monumen kecil dengan lambang bintang lima.

Tampilan luar Masjid Besar Syiarul Islam ini cukup unik dengan kubah besar yang menutupi bagian serambinya. Paduan sebatang pilar dan kubah besar menampilkan bentuk yang cukup unik, seperti sebuah kapal luar angkasa. Namun kubah yang letaknya cukup tinggi ini mengakibatkan tempias di serambi pada saat hujan deras.

Kubah serambi ini justru yang menjadi vocal point masjid Jami’ Syiarul Islam, tampak dari kejauhan dan sangat menonjol. Tangga masjid ini dibangun untuk bisa di akses dari dalam maupun dari luar masjid. Tangga akses dari luar diletakkan disisi kiri dan kanan serambi. Sedangkan di bawah tangga dimanfaatkan sebagai area penitipan alas kaki.

Keseluruhan dinding lantai dasar masjid ini di pasang jendela jendela kaca berukuran besar kecuali sisi mihrab. Sementara dinding lantai dua dibiarkan terbua dengan lengkungan lengkungan berpagar besi tahan karat setinggi lebih kurang 80cm memberikan sirkulasi udara yang leluasa. Pintu akses disediakan di sisi kiri dan kanan. Dan pintu utama tentu saja berada di serambi depan di bawah kubah utamanya.

Source bujanglanang.blogspot.co.id http://bujanglanang.blogspot.co.id/2012/05/masjid-besar-syiarul-islam-lemah-abang.html
Comments
Loading...