Masjid Besar Jumhuriyah

0 97

Masjid Besar Jumhuriyah

Masjid Besar Jumhuriyah yang terletak di Jalan Merdeka Pangkalanbalai, Kabupaten Banyuasin merupakan salah satu masjid tua yang ada di Bumi Sedulang Setudung Banyuasin.

Masjid yang didirikan sekitar tahun 1953 ini dulu bernama Masjid Napal karena awal berdirinya berada di Napal, wilayah yang terletak sebelah utara Kota Pangkalanbalai.

Namun seiringnya waktu dan banyaknya warga yang pindah ke Jalan lintas Jambi-Palembang, maka atas inisiatif lima kiyai yakni KH M Basri, KH Mustofa Bakri, KH Khairul Hobir, dan KH Noh Hasan sekitar tahun 1950 Masjid Napal ini dipindahkan ke jalan lintas dengan nama Masjid Besar Jumhuriyah.

Masjid ini berdiri di atas lahan seluas setengah hektare dengan konstruksi bangunan mulai dari bangunan masjid hingga menara terbuat dari kayu unglen.

Sedangkan Masjid Napal berubah status menjadi Langgar Al-Abror. Sekitar tahun 1978 sesuai dengan permintaan masyarakat, langgar ini baru ditingkatkan menjadi Masjid Istiqomah dan sampai saat ini berfungsi sebagai tempat ibadah umat muslim Pangkalanbalai.

Masjid yang menjadi ikon Kota Pangkalanbalai ini sedikitnya telah mengalami empat kali proses renovasi yakni tahun 1960, 1970, 1995.

Sejak tahun 2006 lalu masjid yang menjadi pusat pembelajaran dan pendidikan serta pengajaran agama Islam saat ini dalam tahap renovasi secara total.

Source http://palembang.tribunnews.com http://palembang.tribunnews.com/2012/07/31/masjid-besar-jumhuriyah-tahan-gempa
Comments
Loading...