Masjid Besar Ghoyatul Jihad Karawang

0 109

Lokasi Masjid Besar Ghoyatul Jihad

Masjid Besar Ghoyatul Jihad terletak di Dusun Pasirtalaga I RT. 04/02 Desa Pasirtalaga, Kec. Talagasari, Kabupaten Karawang, Jawa Barat 41381, Indonesia.

Masjid Besar Ghoyatul Jihad

Berdasarkan data situs kemenag Masjid Besar Ghoyatul Jihad dibangun tahun 1962 di atas lahan wakaf seluas 6700 m2 dan bangunannya seluas 520 m2. Masjid ini juga sudah terdaftar dan memiliki nomor induk masjid dengan nomor 01.3.13.15.17.000043. Masjid Ghoyatul Jihad juga mengelola sekolah Islam, Madrasah Tsanawiyah Ghoyatul Jihad yang berlokasi disebelah selatan masjid. Sedangkan di sebelah utara masjid ini terdapat gedung Yayasan Pondok Karya Pembangunan Ghoyatul Jihad.

Sebagai Masjid Besar Kecamatan, disebelah selatan masjid ini berdiri gedung Kantor Urusan Agama Kecamatan Telagasari, dan disebelah kantor KUA ini terdapat Kantor Kepala Desa Pasirtalaga. Sebagai tambahan informasi saja, daerah Pasirtalaga dan Telagasari ini dikenal juga sebagai Tebu Ireng II karena ada begitu banyak-nya pesantren di daerah ini.

Masjid Ghoyatul Jihad memang berukuran cukup besar, sesuai dengan nama dan fungsinya sebagai masjid besar. Dibangun dengan bentuk dasar bangunan utama berupa bangunan masjid khas Nusantara dengan atap limas (segitiga) kemudian di bagian puncaknya ditempatkan satu kubah bundar dari bahan logam.

Kemudian di sisi timur bangunan utama terdapat dua atap limas yang bersebelahan dan menyatu dengan atap bangunan utama. di ujung kedua atap limas ini juga ditempatkan masing masing kubah bundar dari bahan logam yang tampak lebih berkilai dibandingkan dengan kubah bundar utama.

Bangunan masjid ini tampak lebih indah dengan dibangunnya dua menara kembar yang mengapit bangunan masjid di sisi depan. kedua menara ini dibangun dari beton berdenah segi delapan dan cukup gemuk, dilengkapi dengan dua balkoni. jendela jendela berukuran kecil di tempatkan di menar ini dan salah satu jendela paling atas digunakan sebagai tempat untuk pengeras suara.

Source http://bujanglanang.blogspot.co.id/ http://bujanglanang.blogspot.co.id/2017/06/masjid-sang-pengibar-bendera-pusaka.html
Comments
Loading...