Masjid Baiturrohim Gambiran Pati

0 304

Lokasi Masjid Baiturrohim Gambiran

Masjid Baiturrohim Gambiran terletak di Sukoharjo, Margorejo, Kabupaten Pati, Jawa Tengah 59163.

Masjid Baiturrohim Gambiran

Masjid Baiturrohim Gambiran ini merupakan salah satu masjid tertua di Jawa Tengah, khususnya di wilayah kabupaten Pati. Riwayat masjid ini juga bersinggungan erat dengan sejarah Masjid Agung Baitunnur Pati. Tonggak sejarah Masjid Agung Baitunnur Pati tersebut berupa sebuah prasasti pembangunannya justru tersimpan di masjid Gambiran Baiturrohim ini. Meskipun kurang populer, tidak berada dipusat keramaian serta bukan masjid berukuran besar, Masjid Gambiran Baiturrohim ini merupakan Masjid Tertua di Kabupaten Pati.

Gambiran, tempat masjid ini berada, disebut sebut sebagai pusat penyebaran dan pengembangan Islam di Wilayah Pati di abad ke 19. Gambiran merupakan salah satu pedukuhan di Desa Sukoharjo Kecamatan Margorejo Kabupaten Pati. Di Gambiran, berdiri sebuah Masjid tua yang masih berdiri kokoh hingga kini dan beberapa komplek pemakaman muslim berusia tua.

Saat ini Masjid Gambiran berdiri, berhadapan dengan Gedung TPQ Miftahul Huda, di sebelah di sisi utara bangunan masjid terdapat makam kuno para mendiang penghulu Kabupaten Pati sedangkan di sisi selatannya terdapat gedung Yayasan Baiturrohim. Masjid menjadi penanda pertama kali Islam masuk di wilayah Pantura Kabupaten Pati.

Usia Masjid ini sampai saat ini telah berumur lebih dari lima abad. Itu jika dilihat dari tahun pembuatan yang tertuang dalam Prasasti Gambiran, yakni 9 Oktober 1445 yang oleh penduduk dikatakan sebagai Masjid wali. Keberadaan Masjid Baiturrohim di Desa Gambiran ini merupakan bukti sejarah tentang penyebaran agama Islam di wilayah Pati. Dari Masjid inilah, Islam akhirnya berkembang pesat ke seluruh pelosok desa di Kabupaten Pati. Adalah Mbah Cungkrung yang merupakan tokoh penyebar Islam di kabupaten Pati yang disebut sebut sebagai pembangun masjid ini pertama kali.

Source https://singgahkemasjid.blogspot.co.id https://singgahkemasjid.blogspot.co.id/2017/04/masjid-baiturrohim-gambiran-tertua-di.html
Comments
Loading...