Masjid Baiturrahman Ngronggi

0 43

Masjid Baiturrahman Ngronggi

Sebuah masjid yang berada di Dusun Ngronggi, tepatnya di Jalan Harjono RT 01/02 Desa Grudo, Ngawi didirikan oleh seorang Kyai bernama Kyai H. Nguzair pada tahun 1875. Kyai H. Nguzair mendirikannya sebagai salah satu pusat penyebaran ajaran – ajaran Agama Islam kepada masyarakat lingkungan setempat yang kurang bahkan jauh dari pengetahuan Agama Islam.

Masjid ini diberi nama Masjid Baiturrahman. Kondisi sewaktu didirikan pada tahun 1875 adalah amat sederhana dengan ukuran 8×10 m menggunakan dinding dari gedek/sesek, atap dari sirap, lantai dari tanah, diatas lahan/tanah milik pribadi Kyai H. Nguzair. Kyai H. Nguzair dalam mengelola Masjid tersebut dibantu para putranya Kyai H. Abdullah, Kyai H. Abdurrahman, serta Kyai Tohir.

Dengan keberadaan Masjid Baiturrahman di Ngronggi ini, syiar Agama Islam berkembang semakin luas, diawali dari lingkungan masjid sampai pada desa-desa sekitarnya seperti di Desa Beran, Ngale, Tempuran, dan sekitarnya.

Selain itu karena Ngronggi berada dalam wilayah Kota Ngawi, akhirnya oleh Penghulu kota Ngawi sekitar tahun 1900 Masjid Baiturrahman Ngronggi ditunjuk sebagai tempat kantor Penghulu dan urusan-urusan Agama Islam seperti masalah perkawinan dan lain-lain.

Source https://kumparan.com https://kumparan.com/kampoengngawi/masjid-baiturrahman-ngronggi-pusat-syiar-islam-di-ngawi-sejak-tahun-1875
Comments
Loading...