Masjid Baitul Musyahadah Aceh

0 288

Lokasi Masjid Baitul Musyahadah

Masjid Baitul Musyahadah terletak di Jl. Teuku Umar, Geuceu Kayee Jato, Banda Raya, Kota Banda Aceh, Aceh 23232.

Masjid Baitul Musyahadah

Masjid Baitul Musyahadah pada awalnya dibangun secara swadaya oleh masyarakat muslim setempat dengan nama Masjid Al Ikhlas pada tahun 1989. Kemudian diubah namanya menjadi Masjid Baitul Musyahadah pada tahun 1993. Rancangan masjid ini ditangani oleh seorang cendekiawan terkemuka di Aceh, Ali Hasjmy.

Beliau merancang masjid ini berdenah segi lima sebagai gambaran dari rukun Islam yang harus diamalkan oleh seluruh jemaah masjid. Bentuk segilima juga tentu saja merupakan perlambang dari Pancasila, dasar Negara Republik Indonesia. Bentuk dasar segi lima masjid ini terlihat dengan jelas bila dilihat dari udara.

Nuansa tradisional Aceh bertaburan di masjid ini, dari bagian luar, kubah berbentuk kopiyah Meukuetop di atap masjid ini memang dibangun dan diberi ornamen sesuai dengan hiasan pada kopiyah asli tradisional masyarakat Aceh tersebut. Kubah yang sama berukuran kecil juga ditempatkan di dalam masjid di bagian atas mimbar.

Bangunan Masjid Baitul Musyahadah

Dari segi arsitektur Masjid Baitul Musyahadah dibangun dua lantai yang ditopang dengan puluhan tiang besar dan kokoh. Bila dilihat dari luar, masjid yang berdiri di lahan sekitar 3 Ha ini memiliki beberapa fasilitas. Seperti tempat whuduk laki-laki dan perempuan yang representatif dan lahan parkir yang luas. Ornamen-ornamen khas Aceh banyak dipajang di dinding depan Masjid Baitul Musyahadah.

Selain itu, masjid ini juga memiliki pintu unik yang terbuat dari besi. Ada empat buah pintu Aceh (Pintoe Aceh) dalam ukuaran besar. Dua di samping kiri mihrab dan dua lainnya di samping kanan. Empat Pintoe Aceh yang melambangkan adat keacehan posisinya kontras terpajang di dinding utama masjid dalam balutan kuningan.

Sesaat menjejakkan kaki di depan pintu masuk, langsung merasakan suasana berbeda. Adem, nyaman dan syahdu. Lantainya yang beralaskan marmer berkualitas tinggi, memberi rasa dingin dan segar di kulit. Di bagian mihrab latar belakangnnya di cat warna hijau. Ada tulisan “Allah” dalam bahasa Arab berukuran besar di sisi dalam mihrab. Tak jauh dari mirab ada satu mimbar, meski tampak tak terlalu besar, namun warna dan ukirannya sangat indah. Ada juga dua buah “jam berdiri” di sisi kanan dan kiri mihrab.

Source https://singgahkemasjid.blogspot.co.id/ https://singgahkemasjid.blogspot.co.id/2017/04/masjid-baitul-musyahadah-banda-aceh.html
Comments
Loading...