Masjid Baitul Muslimin Serang

0 82

Lokasi Masjid Baitul Muslimin

Masjid Baitul Muslimin terletak di Jl. Raya Jakarta-Merak Kec. Kramat Watu Kab. Serang, Banten.

Masjid Baitul Muslimin

Menurut sejarah, akibat letusan gunung tersebut, rakyat Banten mengalami penderitaan yang begitu berat. Belum lagi penjajah yang menindas dan bertindak seperti binatang. Bahkan, getaran dan debu, serta asap letusan Gunung Krakatau sampai ke luar negeri.

Selain tempat-tempat bersejarah tersebut, di Banten juga banyak terdapat masjid bersejarah, salah satunya Masjid Baitul Muslimin. Masjid ini merupakan salah satu masjid bersejarah dan terbesar setelah Masjid Agung Banten, letaknya hanya beberapa puluh kilo meter sebelahbarat Keraton Banten, tepatnya di pinggiran jalan raya Jakarta-Merak, Kecamatan Kramat Watu, Kabupaten Serang, Banten.

Masjid Baitul Muslimin pada awalnya hanya sebuah mushala kecil yang dibangun pada tahun 1925 atas prakarsa almarhum K.H. Marid, seorang tokoh ulama setempat. Sebelum mengalami beberapa kali renovasi, masjid ini dijadikan tempat perkumpulan masyarakat Kramat Watu dalam mengusir sisa-sisa penjajah di daerah Banten.

Karena letaknya di jalan raya danberdekatan dengan Pasar Kramat, masjid ini tidak pemah sepi dari jamaah. Lebih-lebih setelah pasca Perang Kemerdekaan, banyak wisatawan yang yang beristirahat di masjid ini, terutama mereka yang sehabis melakukan kunjungan ke daerah Pantai Karang Bolong yang terbentuk akibat letusan Gunung Krakatau.

Source http://duniamasjid.islamic-center.or.id/ http://duniamasjid.islamic-center.or.id/1103/masjid-baitul-muslimin/
Comments
Loading...