Masjid Baitul ‘Arsy Banten

0 150

Lokasi Masjid Baitul ‘Arsy

Masjid Baitul ‘Arsy terletak di Kampung Pasir Angin, Kelurahan Pagerbatu, Kecamatan Majasari, Kabupaten Pandeglang, Propinsi Banten.

Masjid Baitul ‘Arsy

Masjid jami’ baitul arsyi dahulu juga digunakan sebagai tempat persembunyian warga dari serangan belanda. Beberapa bagian dinding masih berlubang yang diperkirakan merupakan bekas peluru senjata belanda. Masjid Baitul ‘Arsy berupa rumah panggung, dengan ukuran sekitar 12 x 8 meter, dinding dan lantai dari kayu.

Bangunannya menghadap ke Gunung Karang dan memiliki tiga pintu. Dua pintu samping (kiri-kanan) dan satu pintu masuk bagian depan. Di atap masjid terdapat kubah yang terbuat dari kayu, dan tiang-tiang masjid masih terlihat kokoh, termasuk umpak atau pondasi bawah masjid juga terbuat dari kayu.

Selain itu, tampak bagian depan masjid tempat imam masih terlihat utuh, termasuk benda kuno seperti bedug dan tongtong di luar masjid masih tampak bagus. Sementara di samping kanan masjid terdapat sumber mata air yang mengalir tiada habisnya. Tak jarang, warga luar Pandeglang setiap pekan selalu ada yang datang ke lokasi ini hanya ingin mengetahui keberadaan masjid kuno. Sesekali pengunjung menyempatkan waktu Salat Zuhur dan Ashar di masjid tersebut, tidak sedikit pengunjung pulang sambil membawa air dari sumur dekat masjid yang jernih dan dingin.

Source https://gpswisataindonesia.info/ https://gpswisataindonesia.info/2017/10/masjid-baitul-arsy-majasari-kabupaten-pandeglang/
Comments
Loading...