Masjid Babussalam Gelumbang Sumatera Selatan

0 228

Lokasi Masjid Babussalam Gelumbang

Masjid Babussalam Gelumbang terletak di Kelurahan Gelumbang, Kecamatan Gelumbang, Kabupaten Muara Enim, Propinsi Sumatera Selatan, Indonesia.

Masjid Babussalam Gelumbang

Seperti disebutkan di awal, bahwa tak ditemukan (setidaknya sampai saat artikel ini ditullis) dokumen dokumen atau prasasti yang menjelaskan secara pasti kapan dan oleh siapa Masjid Babussalam Gelumbang pertama kali di didirkan. Namun demikian bangunan Masjid yang kini berdiri, mulai dibangun tahun 1978 setelah bangunan lama sudah tak lagi mampu menampung jumlah jamaah dan mengalami kerusakan struktur atap sudah demikian parah, ditambah lagi dengan kondisi arah kiblat masjid yang tidak akurat, membuat para tokoh masyarakat Gelumbang waktu itu memutuskan untuk merobohkan masjid tersebut dan menggantinya dengan masjid yang lebih besar di lokasi yang sama.

Bentuk masjid Babussalam yang kini ada bukanlah bentuk awal masjid tersebut. Dulunya bentuk masjid tersebut serupa dengan masjid masjid di desa desa lain di sekitar Kelurahan Gelumbang yang meniru bentuk dari Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin II di Kota Palembang. Masjid dengan atap bersusun tanpa kubah, disangga oleh empat tiang (sokoguru) dari kayu, struktur atap juga dari kayu, berdinding batu bata, berjendela besar, dengan sebuah menara berdiri sendiri yang tak terlalu tinggi.

Hal yang menarik ketika Bangunan pertama Masjid Babussalam Gelumbang di robohkan di tahun 1978, ditemukan fakta bahwa batu bata yang dipakai untuk membangun tembok masjid itu ukuran nya jauh lebih besar dari batu bata biasa. Ukuran batu bata yang sama persis dengan batu bata yang ditemukan di reruntuhan bangunan Belanda di sekitar Sekolah Dasar Negeri-1 dan disekitar Stasiun Kereta Api Gelumbang serta daerah daerah lainnya.

Menilik ukuran batu bata tersebut boleh jadi bangunan pertama masjid Babussalam Gelumbang sejaman dengan bangunan bangunan yang sudah runtuh tersebut. Atau setidaknya sejaman dengan bangunan stasiun kereta api Gelumbang yang dibangun di jaman kolonial Belanda dan masih kokoh berdiri hingga kini.

Source http://bujangmasjid.blogspot.co.id http://bujangmasjid.blogspot.co.id/2010/09/masjid-babussalam-gelumbang.html
Comments
Loading...