Masjid Aulia Sapuro Pekalongan

0 97

Lokasi Masjid Aulia Sapuro

Masjid Aulia Sapuro terletak di Sapuro Kebulen, Pekalongan Barat, Kota Pekalongan, Jawa Tengah 51112.

Masjid Aulia Sapuro

Konon Masjid Aulia Sapuro Pekalongan dibangun pada 1035 H atau 1625/1626 M oleh empat utusan Demak, yakni Kiai Maksum, Kiai Sulaiman, Kiai Lukman, dan Nyai Kudung. Jika tahun berdirinya benar, maka Demak saat itu sudah berstatus kadipaten dan menjadi bagian Kesultanan Mataram dibawah Sultan Agung yang memerintah pada periode 1613 – 1645 M.

Tampak muka serambi Masjid Aulio Sapuro Pekalongan yang terlihat lumayan kekar dengan topangan tiang-tiangnya. Serambi masjid bisa dicapai dengan menapaki sejumlah undakan. Di atas atap serambi terdapat sepasang menara pendek yang mengapit tulisan dalam huruf Arab gundul. Samar terlihat bahwa atap masjid menggunakan lembaran seng. Suasana sepi di masjid pinggiran kubur luas ini dihangati dengan lantunan bacaan ayat suci Al Qur’an oleh seorang pria berusia sekitar 20-an, yang duduk bersila di samping satu-satunya pintu masjid yang masih terbuka. Di ujung kiri serambi menggantung bedug cukup besar, dengan badan warna hijau. Tak terlihat ada kentongan menemaninya.

Hal yang istimewa di serambi kedua Masjid Aulia Sapuro Pekalongan ini adalah adanya Al Qur’an berukuran raksasa yang menempel pada dinding ujung sebelah kiri. Al Qur’an itu berukuran 22,35 x 2 meter, berisi juz 30 yang terdiri atas 17 surat termasuk tambahan surat Al Fatihah, pemberian Mohammad Aswantari pada tahun 1970-an.

 

Source Masjid Aulia Sapuro Pekalongan Jawa Tengah
Comments
Loading...