Masjid Asal Penampaan Aceh

0 32

Masjid Asal Penampaan

Sebuah sumber mengatakan bahwa masjid Asal Penampaan didirikan pada tahun 815 H/1412 M. Masjid Asal Penampaan didirikan dalam masa Kerajaan Pasai. Sebab setidaknya, Kerajaan Pasai telah berdiri dari tahun 1282 M, dan jatuh dalam kekuasaan Kerajaan Aceh Darussalam di tahun 1524 M.

Masjid Asal juga menjadi dasar pemberian nama kampung dimana masjid itu berada. Nama Desa Penampaan berasal dari kata “penampaan” yang artinya “penampakan/tampak atau terlihat”. Konon menurut riwayat, di masa lalu masjid ini bisa dilihat dari berbagai wilayah di Gayo Lues. Mungkin hal ini disebabkan oleh kondisi wilayah sekitar masjid Asal yang merupakan daerah datar dan masih minim dihuni penduduk. Dengan demikian ia bisa dilihat dari berbagai arah yang umumnya berdataran tinggi. Oleh karena itu, daerah di mana masjid Asal berada disebut Desa (Kampung) Penampaan (yang tampak dari berbagai arah).

Masjid ini dinamakan masjid Asal karena merupakan masjid yang pertama sekali dibangun di wilayah sekitar Gayo Lues dan Aceh Tenggara. Masyarakat sekitar menyebutnya sebagai “Masjid Asal” yang konotasinya adalah asal-muasal pendirian masjid di seluruh Gayo Lues dan sekitarnya.

Seperti yang ditulis Kemenak Aceh dalam buku masjid bersejarah di Aceh, bagian pertama. Masjid Asal-Penampaan didirikan atas prakarsa beberapa tokoh dan pemuka agama. Dari beberapa sumber yang berhasil dihimpun, ada 13 orang tokoh pendiri masjid ini adalah sebagai berikut:

1. Datok Masjid

2. Syekh Siti Mulia

3. Syekh Said Ibrahim

4. Syekh Said Ahmad

5. Syekh Abdurrahman

6. Syekh Abdullah

7. Syekh Abdul Wahab

8. Said Hasan

9. Said Husin

10. Syekh Abdul Qadir

11. Said Ali Muhammad

12. Datok Gunung Gerudung

13. Mamang Mujra. Dengan demikian, masjid Asal merupkan salah satu masjid yang bersejarah jejak pengembangan islam di dan Indonesia pada umumnya.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbaceh/masjid-asal-penampaan-di-kabupaten-gayo-lues-olehdra-khairiah-staf-pokja-dokumentasi-dan-publikasi-bpcb-aceh/
Comments
Loading...