Masjid Arrozi Klaten

0 252

Lokasi Masjid Arrozi

Masjid Arrozi terletak di wilayah DK. Tempursari, Ds. Tempursari. Kec. Ngawen, Kab. Klaten, Jawa Tengah.

Masjid Arrozi

Bangunan yang ada di Kompleks masjid ini terdiri dari tiga jenis bangunan yaitu masjid di tengah-tengah, makam di sebelah barat atau di belakang masjid dan madrasah di sebelah timur atau di depan masjid. Masjid Arozi sendiri didirikan sekitar tahun 1833 M Oleh Kyai Imam Rozi.

Menurut sejarahnya Masjid ini didirikan sebagai sarana untuk penyebaran agama islam, selain itu pendirian masjid ini tidak terlepas dari suasana politik dan pemerintahan. Tepatnya pada awal abad ke 18 mataram mengalami kemuduran yang diakibatkan adanya aneksasi yang dilakukan oleh VOC. Adanya aneksaksi yang dilakukan oleh VOC kemudian menimbulkan perjanjian yaitu perjanjian Giyanti yang mengakibatkan terpecahnya kekuasaan mataram menjadi dua yaitu Surakarta dan Yogyakarta.

Adanya ketidak puasan golongan bangswan kraton terhadap kebijakan pemerintah yang terlalu menguntungkan penguasa Belanda. kemudian memunculkan tokoh-tokoh yang menentang kukuasaan dan kebijakan kerajaan. Di yogyakarta sendiri benih-benih kericuhan mulai muncul setelah meninggalnya HB I pada tahun 1792.

Sedangkan didaerah Surakarta sendiri terdapat seorang ulama yang sangat terkenal dari daerah Mojo yang ikut bergabung dengan pasukan pangeran diponegara. Salah satunya seorang murit dan juga keponakan kyai Mojo yaitu Imam Razi yang turut serta menjadi Manggoloyudo memimpin pasukan yang mengadakan perlawanan didaerah Kalten. Selain itu Imam Razi juga perperan sebagai penghubung rahasia antara PB VI dengan Pangeran diponegara di gua selarong.

 Kemudian atas jasa- jasanya imam Razi dinikahkan dengan adik sepupu PB VI  yaitu RA. Sumirah yang memiliki gelar Nyai Kedung Kubah. Selanjutnya Kyai Imam Rozi diberi hadiah tanah perdikan di Desa Tempusari Klaten dengan luas ± 1450 m2. Tahun 1845 Masehi Kyai Imam Rozi Wafat dan dimakamkan di belakang masjid Arrozi.

Bagian-Bagian Kompleks Masjid Arrozi :

  1. Bangunan Masjid : Merupakan bangunan tersendiri dengan denah bujur sagkar. Sedangkan atap masjid sendiri berbentuk tajung tumpang bersusun dua dengan penutup genteng flams. Sedangkan mustaka masjid sendiri terbuat dari terakota yang berhias motif bunga, unggas dan lain-lain. Dinding masjid sendiri berupa tembok dan Ruang Pawestren yang memiliki 4 buah pintu.
  1. Makam : Kompleks makam ini terletak di belakang masjid Arrozi, di kompleks makam ini terdapat tiga bangunan cungkup yang salah satunya termasuk cungkup makam kuna.
  1. Madrasah : Bangunan Madrasah ini terletak disebelah timur yang terbagi dalam tiga bangunan yaitu bangunan sisi timur, bangunan sisi selatan dan unit sisi utara.
Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbjateng/ https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbjateng/arrozi-masjid-peninggalan-pengikut-pangeran-diponegara-di-klaten/
Comments
Loading...