situsbudaya.id

Masjid Ar-Rahman Soahuku Maluku Tengah

0 26

Lokasi Masjid Ar-Rahman Soahuku

Masjid Ar-Rahman Soahuku terletak di Jalan Samalili, Lingkungan Namalo II RT. 12 RW. 05 Desa Soahuku, Kecamatan Amahai, Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku.

Masjid Ar-Rahman Soahuku

Menurut salah seorang guru SMPN 7 Amahai, Rudi, yang kebetulan rumahnya berada di sebelah barat masjid mengatakan bahwa masjid tersebut telah berusia ratusan tahun lebih. Diperkirakan masjid tersebut dibangun pada tahun 1620 seiring adanya penyebaran Islam di daerah tersebut. Pak Rudi, sebutan sang guru tadi, memperlihatkan foto lama bangunan masjid tersebut yang beratap tumpang satu dengan menggunakan daun rumbia sebagai gentengnya. Sedangkan, konstruksinya masih berdinding kayu dan memiliki empat tiang penyangga utama (soko guru).

Pada 17 Agustus 1968, masjid ini dipugar menjadi bangunan yang permanen. Atapnya menggunakan kayu besi (sirap), dan dindingnya menggunakan tembok yang terbuat dari bata yang diplester serta lantai memakai semen.

Kemudian pada tahun 2005, masjid ini kembali mengalami renovasi. Renovasi ini dilakukan oleh Kodim 1502 melalui karya bhakti TNI. Dalam renovasi tersebut, atap masjid diubah menjadi bentuk kubah yang berwarna kuning, atapnya diganti genteng, dan lantainya terbuat dari keramik. Konon, di soko guru utamanya seringkali mengeluarkan air di bagian pondasinya. Air ini kerap diyakini memiliki khasiat bagi penggunanya. Melihat gelagat seperti itu, akhirnya pada bagian bawah soko guru tersebut dilapisi keramik setinggi kurang lebih satu meter agar supaya tidak mengeluarkan air lagi.

Bila ditarik sejarahnya, keberadaan Masjid Ar-Rahman tidak terlepas dari Sunan Giri. Pesantren Giri dulu terkenal sebagai salah satu pusat penyebaran agama Islam di Jawa, yang memiliki pengaruh sampai ke Madura, Lombok, Kalimantan, Sulawesi dan Maluku. Bahkan Sultan Zainl Abidin pernah memperdalam ajaran Islam dengan berguru pada Sunan Giri di Gresik.

Setelah selesai, sultan mulai menyebarkan Islam di tanah Maluku dengan dibantu para santri yang dikirim oleh Sunan Giri. Diperkirakan dari Ternate inilah, Islam mulai menyebar ke Maluku bagian selatan. Adalah Syech Abdul Kalembi yang pertama kali diyakini membawa agama Islam masuk ke Soahuku pada abad 16. Yang menerima agama Islam adalah keluarga Latarissa.

Kini, masjid tersebut masih berdiri kokoh sebagai bukti peninggalan akan adanya penyebaran Islam di daerah Amahai. Masjid tersebut didominasi warna putih yang dipadukan dengan pelisir biru muda pada bagian tepian kayunya. Pintu dan jendela menggunakan kayu dengan warna kuning dipelisir dengan biru muda juga. Bila dilihat dari laut, sungguh artistiknya bangunan masjid ini.

Source http://kekunaan.blogspot.co.id/ http://kekunaan.blogspot.co.id/2015/12/masjid-ar-rahman-soahuku.html
Comments
Loading...